Niat Puasa Bulan Rajab Tulisan Arab Latin dan Artinya, Lengkap Bacaan Amalan Istighfar Sunnah Selama Rajab

- 12 Januari 2024, 12:30 WIB
Ilustrasi. Muslim sahur puasa Rajab, niat puasa bulan Rajab dengan tulisan Arab, latin, artinya, dan bacaan amalan istighfar sunnah selama Rajab selepas Subuh dan Magrib.
Ilustrasi. Muslim sahur puasa Rajab, niat puasa bulan Rajab dengan tulisan Arab, latin, artinya, dan bacaan amalan istighfar sunnah selama Rajab selepas Subuh dan Magrib. /Pexels.com/@Monstera Production

BERITA DIY - Berikut niat puasa bulan Rajab dengan tulisan Arab, latin, dan artinya, lengkap bacaan amalan istighfar sunnah selama Rajab.

Rajab menjadi salah satu bulan kehormatan dan istimewa selain Zulkaidah, Zulhijah, dan Muharram.

Pada bulan Rajab umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah dan mengerjakan amalan-amalan kebaikan lainnnya seperti membaca istighfar.

Lantas bagaimana niat puasa sunnah pada bulan Rajab dan bacaan istighfar seperti apa yang perlu diamalkan selama bulan istimewa ini?

Sebenarnya niat puasa bulan Rajab tidak banyak berbeda dengan niat puasa sunnah lainnya dan tentunya anjuran puasa ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: 1 Rajab 2024 Hari Apa, Kapan Puasa Sunnah Rajab Jatuh Tanggal Berapa? Ini Niat Puasa dan Amalan di Bulan Rajab

Sesuai dengan yang dilansir BERITA DIY dari laman NU Jatim, anjuran pada empat bulan yang dimuliakan (termasuk di dalamnya bulan Rajab), sebagaimana ditegaskan oleh Imam Fakhruddin al-Razi dalam Mafâtîh al-Ghaib (juz 16, h. 54) adalah sabda Nabi berkut: 

   مَنْ صَامَ يَوْمًا مِنْ أَشْهُرِ اللّٰهِ الْحُرُمِ كَانَ لَهُ بِكُلِّ يَوْمٍ ثَلَاثُونَ يَوْمًا  

Artinya: Barang siapa yang berpuasa satu hari pada bulan-bulan yang dimuliakan (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab), maka ia akan mendapat pahala puasa 30 hari.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x