Niat Puasa Rajab, Keutamaan, Hingga Jadwal Puasanya, Bisa dilakukan Mulai Kapan?

- 12 Januari 2024, 10:35 WIB
Niat puasa Rajab keutamaan hingga jadwal kalender bulan Rajab. Simak di sini untuk selengkapnya.
Niat puasa Rajab keutamaan hingga jadwal kalender bulan Rajab. Simak di sini untuk selengkapnya. /PEXELS / Konevi

BERITA DIY - Kita akan segera memasuki bulan Rajab. Salah satu bulan dengan keutamaan yang luar biasa yang dipercaya oleh umat muslim. Para umat muslim dianjurkan berpuasa di bulan ini. Simak di sini untuk niat puasa Rajab hingga jadwal puasanya. 

Dalam Islam, bulan Rajab ini termasuk dalam bulan haram. Apa makna bulan haram itu? Dimaksudkan bulan haram ini adalah para umat muslim pada zaman dahulu tidak boleh membunuh atau terjadinya perang pada masa bulan haram ini. 

Sehingga itu maknanya, pada bulan ini sebagai umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadahnya. Karena agar perdamaian dan harmonisasi terjalin di dalamnya. 

Bulan Rajab ini juga termasuk bulan yang mulia. Tak ayal, umat muslim berbondong-bondong melakukan amal baik dan mempersiapkan diri untuk menjadi lebih baik. 

Baca Juga: Naskah Khutbah Jumat 12 Januari 2024 Singkat Terbaru Tentang Bulan Rajab dan Keistimewaannya

Untuk umat muslim, di bulan Rajab ini dianjurkan untuk berpuasa. Jangan ditanya tentang keutamaan puasa di bulan ini karena keutamaannya sangat banyak apabila dikerjakan dengan sungguh-sungguh. 

Lewat Hadis Riwayat Abu Dawud dan lainnya, Keutamaan berpuasa di bulan Rajab juga disebutkan dalam hadits yang lain. Dijelaskan bahwa keutamaan puasa Rajab salah satunya akan diberikan oleh Allah SWT minuman yang teramat nikmat di surga. 

Lantas, bagaimana niat puasa Rajab ini? 

Niat Puasa Rajab 

Sebagaimana puasa pada umumnya, sebelum memulai puasa pastikan kita membaca niat terlebih dahulu. Terdapat dua niat yang bisa dibaca apabila ingin melaksanakan puasa Rajab. Adapun niat puasa Rajab adalah sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x