Profil Kereta Api Turangga, Rute dan Jurusan, Apa Penyebab Kecelakaan KA Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya

- 6 Januari 2024, 16:10 WIB
Profil Kereta Api Turangga, rute dan jurusan, apa penyebab kecelakaan KS Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya.
Profil Kereta Api Turangga, rute dan jurusan, apa penyebab kecelakaan KS Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya. /Tangkapan layar YouTube/Mohamad Adijasa Yudi

BERITA DIY - Simak informasi profil Kereta Api Turangga, rute dan jurusan, apa penyebab kecelakaan KS Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya.

Kecelakaan antara KA Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya Jumat, 5 Januari 2024 di petak Haurpagur-Cicalengka akan menjadi catatan kelam perkeretapian dan duka untuk keluarga korban.

Sejauh ini penyebab kecelakaan yang melibatkan KA Turangga dengan KA Lokal Bandung Raya diyakini karena adanya miskomunikasi antara pihak stasiun Cicalengka dan KA Commuterline Bandung Raya.

Peristiwa nahas ini mengakibatkan empat orang meninggal dunia, mereka adalah masinis, asisten masinis, pramugara, dan security. Sementara ada 37 orang lain mengalami luka baik berat maupun ringan yang masih menjalani perawatan.

Baca Juga: Kronologi Kecelakaan KA Turangga dan Kereta Lokal di Bandung Hari Ini 5 Januari 2024, Apa Penyebabnya?

Profil Kereta Api Turangga

KA Turangga telah beroperasi sejak 1 September 1995, namanya berasal dari nama kuda milik bangsawan Jawa, kuda Turangga.

Penamaan ini menjadi simbol bagaimana KA Turangga didesain memiliki kecepatan dan daya tahan dalam segala situasi.

Sampai saat ini KA Turangga menyediakan layanan kelas eksekutif dengan rute Bandung-Surabaya Gubeng di lintas selatan pulau Jawa yang berjarak 696 KM. Perjalanan ini dapat ditempuh oleh KA Turangga dalam waktu 10 jam 14 menit.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x