Tujuh 7 Macam Prinsip Prinsip Umum Hukum Islam, Ini Pengertian Taat kepada Hukum Allah hingga Prinsip Tauhid

- 3 November 2023, 14:30 WIB
Simak tata cara sholat Taubat Nasuha, bacaan niat, doa solat tobat latin, arti, catat ini waktu pelaksanaan terbaik, cek di sini.
Simak tata cara sholat Taubat Nasuha, bacaan niat, doa solat tobat latin, arti, catat ini waktu pelaksanaan terbaik, cek di sini. /Pixabay/ Sharon Ang

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari sebutkan dan jelaskan tujuh macam prinsip-prinsip umum hukum islam, prinsip prinsip dan karakteristik hukum islam dan prinsip tauhid dalam islam.

Ketahui tujuh 7 macam prinsip prinsip umum hukum Islam, simak pengertian taat kepada hukum Allah SWT hingga prinsip tauhid.

Dalam kehidupan, aturan menjadi komponen penting yang mengarahkan perilaku manusia ke jalan yang teratur dan harmonis.

Aturan tersebut, khususnya dalam konteks keagamaan, bertujuan untuk menjaga keseimbangan dan kedamaian antara manusia (hablum minannas) dan hubungan mereka dengan Sang Pencipta (hablum minallah).

Baca Juga: Kode Produk Israel di Indonesia, Ada Kosmetik, Makanan dan Minuman? Ini Daftar Produk Apa Saja di Indonesia

Hukum Islam, dengan tujuannya yang agung ini, tidak hanya mengatur tapi juga memberikan sanksi atas pelanggaran yang terjadi.

Dalam kajian yang mendalam, terdapat tujuh prinsip umum yang menjadi fondasi hukum Islam, yang jika dipahami dan diimplementasikan dapat membawa umat Islam kepada kehidupan yang lebih taat dan selaras dengan kehendak Allah SWT.

1. Prinsip Tauhid: Keesaan Allah sebagai Fondasi Hukum

Di puncak dari segala prinsip hukum Islam adalah Tauhid, mengesakan Allah SWT. Semua ketentuan dan hukum yang ada dalam Islam mengarah pada pengakuan dan penyerahan diri kepada satu-satunya Tuhan.

Allah berfirman dalam QS. Al-A’raf: 172, yang mengingatkan kita semua bahwa sejak awal penciptaan, keesaan-Nya telah disaksikan oleh seluruh umat manusia.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x