Kapan TikTok Shop Dibuka Kembali 2023? Ini Penjelasan Resmi Kemendag

- 9 Oktober 2023, 17:30 WIB
Kapan TikTok Shop dibuka kembali 2023, berikut penjelasan resmi dari Kemendag.
Kapan TikTok Shop dibuka kembali 2023, berikut penjelasan resmi dari Kemendag. /UNSPLASH/@solenfeyissa

BERITA DIY - Ketahui kapan TikTok Shop dibuka kembali di tahun 2023 melalui penjelasan resmi dari Kementerian Perdagangan atau Kemendag, berikut ini.

Saat ini masyarakat banyak yang mencari informasi kapan TikTok Shop akan dibuka kembali tahun ini. Pertanyaan ini datang tak hanya dari penjual atau reseller namun juga dari konsumen TikTok Shop.

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah secara resmi menutup TikTok Shop pada Rabu, 4 Oktober 2023. Penutupan TikTok Shop ini berkaitan dengan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023.

Melalui peraturan tersebut TikTok dikategorikan sebagai aplikasi media sosial yang seharusnya tidak menyediakan fitur transaksi jual-beli.

Baca Juga: Profil Nadia Omara Viral FYP TikTok, YouTuber Jogja Alumni UII Lho!

Sebelumnya, pada 5 Oktober 2023, Menteri Keporasi dan UKM, Teten Masduki telah memberikan pernyataan bahwa TikTok Shop bisa buka kembali di Indonesia jika sudah memenuhi syarat pembukaan e-commerce.

"Mereka bisa bikin TikTok Shop lagi di sini, tapi mereka harus membentuk badan hukum di sini, mengajukan izin lisensinya dan harus mengikuti Permendag 31/2023," ujar Teten Masduki.

Senada dengan Teten Masduki, Menteri Perdagangan Zulfikli Hasan melalui akun Instagram resmi Kementerian Perdagangan juga menyatakan hal yang serupa.

"Misalnya TikTok sebagai media sosial, kita persilakan. Kalau dia menjadi social commerce, bisa iklan dan promosi, kita persilakan. Tapi kalau jualan, nanti dia (TikTok) bisa urus e-commerce, kita bantu," tulis akun resmi @kemendag

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x