TikTok Shop Resmi Ditutup 4 Oktober 2023 Jam Berapa, Apa Itu Social Commerce, Link PDF Permendag

- 3 Oktober 2023, 18:37 WIB
TikTok Shop resmi ditutup 4 Oktober 2023 jam berapa, apa itu social commerce, dan PDF peraturan social commerce dilarang membuka layanan.
TikTok Shop resmi ditutup 4 Oktober 2023 jam berapa, apa itu social commerce, dan PDF peraturan social commerce dilarang membuka layanan. /Tangkap layar tiktok.com

BERITA DIY - TikTok Shop resmi ditutup 4 Oktober 2023 jam berapa, apa itu social commerce, dan link PDF peraturan social commerce dilarang membuka layanan transaksi uang secara digital.

TikTok Indonesia resmi menutup TikTok Shop hari Rabu 4 Oktober 2023. Perusahaan media sosial dari ByteDance ini tidak akan lagi memfasilitasi transaksi e-commerce.

TikTok Shop ditutup 4 Oktober pukul 17.00 WIB. Dampak penutupan TikTok Shop akan menghentikan pendapatan dari Affiliate TikTok.

Kini, aplikasi TikTok Indonesia hanya boleh mempromosikan sebuah barang, tidak sampai sebagai media sosial (medsos) juga melayani transaksi jual-beli barang.

Baca Juga: Alasan TikTok Shop Dilarang di Indonesia, Mulai Kapan Ditutup? Ini Cara Tarik Dana Affiliate TikTok

Apa itu social commerce?

Setelah kehadiran e-commerce atau e-dagang yang mana adanya platform transaksi jual-beli seperti Shopee, Tokopedia hingga Lazada, kini muncul kehadiran social commerce.

Apa yang disebut social commerce adalah media sosial yang menerapkan model dagang seperti e-commerce dengan fasilitas transaksi jual-belinya.

Berbeda dengan e-commerce yang terasa hanya sebagai pasar dan penawaran sejenis, social commerce punya algoritma yang membuat pengguna medsos lebih dekat dengan barang yang akan dibelinya.

Alasan penutupan social commerce seperti TikTok Shop disebut Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi juga berkenaan dengan algoritma social commerce yang sangat mempengaruhi konsumen.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x