Kapan TikTok Shop Ditutup? Kenapa Mau Dihapus dan Dilarang di Indonesia? Ini Aturan Larangan Social Commerce

- 25 September 2023, 19:01 WIB
TikTok Shop kapan ditutup, TikTok Shop dilarang jualan, apakah TikTok Shop social commerce, kenapa TikTok Shop mau dihapus dan dilarang jualan.
TikTok Shop kapan ditutup, TikTok Shop dilarang jualan, apakah TikTok Shop social commerce, kenapa TikTok Shop mau dihapus dan dilarang jualan. /TikTok/

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari TikTok Shop kapan ditutup, TikTok Shop dilarang jualan, apakah TikTok Shop social commerce, kenapa TikTok Shop mau dihapus dan dilarang jualan.

Ketahui kapan TikTok Shop ditutup, kenapa mau dihapus dan dilarang di Indonesia? Simak aturan larangan jualan di social commerce.

Dunia social commerce di Indonesia kini tengah diributkan. Terlebih setelah pemerintah memperketat aturan yang berlaku bagi pelaku usaha di ranah ini.

TikTok Shop, sebagai salah satu platform social commerce yang sedang naik daun, kini berada di bawah sorotan.

Baca Juga: Review Download TikTok Mod Apk No Watermark, Apakah Aman untuk Digunakan?

Pada Senin (25/9), sebuah rapat terbatas diadakan di Kantor Presiden. Presiden Jokowi memutuskan untuk menguatkan aturan bagi pelaku social commerce, di mana menyoroti aktivitas TikTok Shop.

Berdasarkan revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 50 Tahun 2020, platform-platform seperti TikTok Shop dilarang untuk melakukan transaksi jual beli langsung di platform mereka.

Sebagai gantinya, mereka hanya diperbolehkan memfasilitasi promosi barang atau jasa, mirip dengan cara kerja TV yang menayangkan iklan namun tidak melakukan transaksi.

"TV kan iklan boleh. Tapi TV kan tidak bisa terima uang kan," kata Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, menjelaskan analoginya, seperti dikutip dari situs Setkab.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x