90 Hari Galbay? Ini Risikonya hingga Status BI Checking di SLIK OJK dan Cara Setop Penagihan DC Pinjol

- 17 Agustus 2023, 10:35 WIB
Ilustrasi. 90 hari galbay? ini risiko hingga status BI Checking di SLIK OJK dan cara setop penagihan DC pinjol atau pinjaman online.
Ilustrasi. 90 hari galbay? ini risiko hingga status BI Checking di SLIK OJK dan cara setop penagihan DC pinjol atau pinjaman online. /PIXABAY/Goumbik

BERITA DIY- 90 hari galbay? ini risiko hingga status BI Checking di SLIK OJK dan cara setop penagihan DC pinjol atau pinjaman online, simak informasi selengkapnya dengan mebaca artikel hingga akhir.

Usai masa pandemi Covid 19 ini, masih banyak masyarakat yang ingin menggunakan pinjol seperti untuk mengembangkan usaha rumahan atau UMKM, karena dana pinjaman online yang mudah cair.

Banyaknya pinjol saat ini membuat calon nasabah leluasa memilih pinjol yang aman berizin OJK dan limitnya tinggi. Cukup dengan download aplikasi di apps store atau play store, calon nasabah sudah bisa mengajukan pinjaman.

Namun ada sebagian masyarakat atau calon nasabah pinjaman online belum memahami risiko dari penggunaan pinjaman online bahkan bisa tercatat di BI Checking apabila nekat galbay atau gagal bayar.

Baca Juga: Tanpa Bayar? OJK Beri Jurus agar DC Pinjol Tidak Teror Utang ke Rumah dan Nama BI Checking Dijamin Bersih

Debt collector atau DC pinjol akan ke rumah untuk menagih utang ke debitur galbay di 90 hari pertama. Oleh sebab itu simak cara stop penagihan dari OJK agar utang ditagih ke keluarga pengguna pinjol.

Anda yang belum terjebak pinjaman online atau pinjol sebaiknya menghindari, karena kondisi tidak ada yang tau, bisa saja Anda sewaktu-waktu mengalami gagal bayar dan DC akan teror utang ke rumah.

Apabila dalam kondisi yang terdesak maka ikutilah saran Otoritas Jasa Keuangan atau OJK untuk menggunakan pinjol legal berizin resmi agar debitur aman.

Tidak hanya itu, Anda juga harus mengukur kemampuan diri untuk melakukan ketaatan pembayaran cicilan pinjol yang disediakan oleh aplikasi agar tidak terjadi galbay.

Baca Juga: Galbay Pinjol Tidak Usah Takut, Ini Etika Penagihan DC dari OJK dan Aturan Resmi Tentang Gagal Bayar

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah