Apa Arti Malam Satu Suro Bagi Orang Jawa? Ini Mitos Malam 1 Suro dan Doa Sasi Awal Suro, Kenapa Identik Mistis

- 18 Juli 2023, 17:18 WIB
Arti malam satu suro bagi umat Islam, mitos malam 1 suro bagi orang Jawa, kenapa malam satu suro identik dengan mistis dan apakah malam satu suro berbahaya.
Arti malam satu suro bagi umat Islam, mitos malam 1 suro bagi orang Jawa, kenapa malam satu suro identik dengan mistis dan apakah malam satu suro berbahaya. /ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari arti malam satu suro bagi umat Islam, mitos malam 1 suro bagi orang Jawa, kenapa malam satu suro identik dengan mistis dan apakah malam satu suro berbahaya.

Ketahui apa arti malam satu suro bagi orang Jawa, simak mitos malam 1 suro dan doa sasi awal suro, kenapa identik dengan mistis?.

Satu Suro adalah awal bulan pertama Tahun Baru Jawa, yang dikenal sebagai bulan Suro dalam penanggalan Jawa. Malam 1 Suro sendiri merupakan perayaan yang penting bagi masyarakat Jawa.

Namun, apa sebenarnya arti Malam Satu Suro bagi orang Jawa? Mengapa malam ini diidentikkan dengan nuansa mistis? Artikel ini akan membahas makna Malam Satu Suro, mitos yang mengelilinginya, dan doa Sasi Awal Suro yang terkait.

Baca Juga: Doa Minum Susu Putih Malam 1 Muharram 1445 H NU Online, Tafa'ulan Amalan Sunnah saat Tahun Baru Islam 2023

Sejarah Malam Satu Suro bermula dari Sultan Agung, yang menyebut bulan Muharram dengan nama bulan Sura. Sultan Agung menggunakan sistem penanggalan Hijriah dalam kalender Jawa, yang dikenal sebagai penanggalan aboge.

Meskipun penanggalan ini kadang-kadang memiliki perbedaan satu hari lebih lama, tahunnya menggunakan angka tahun Jawa yang lebih muda 78 tahun daripada tahun Masehi.

Peringatan Malam Satu Suro tidak terlepas dari tradisi di keraton Jawa. Keraton sering mengadakan upacara dan ritual yang diwariskan secara turun temurun.

Keraton Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta menganggap Malam Satu Suro sebagai malam yang suci dan bulan yang penuh rahmat.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x