Kapan Malam Satu Suro 2023, Jatuh pada Tanggal Berapa? Kenapa Dilarang Keluar? Ini Mitos Larangan 1 Suro

- 13 Juli 2023, 13:02 WIB
Keistimewaan malam 1 suro, arti malam satu suro bagi umat Islam, mitos, pantangan, larangan dan amalan malam 1 suro bagi orang Jawa.
Keistimewaan malam 1 suro, arti malam satu suro bagi umat Islam, mitos, pantangan, larangan dan amalan malam 1 suro bagi orang Jawa. /Aloysius Jarot Nugroho/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari kenapa malam satu suro dilarang keluar, malam 1 suro jatuh pada tanggal berapa, apakah malam satu suro berbahaya dan ada apa dengan malam 1 suro.

Ketahui kapan malam satu suro 2023, jatuh pada tanggal berapa? Kenapa dilarang keluar rumah? Simak mitos-mitos larangan pada 1 suro.

Malam Satu Suro, suatu fenomena yang dipenuhi dengan tradisi, legenda, dan makna spiritual yang mendalam.

Keunikan ini tak lain adalah warisan budaya yang mendalam dari masyarakat Jawa, yang kaya akan mitos dan tradisi, menjadikannya acara tahunan yang dinanti.

Baca Juga: Arti Malam Satu Suro Bagi Umat Islam, Apakah Berbahaya? Ini Keistimewaan, Mitos, dan Pantangan Malam 1 Suro

Namun, kapan Malam Satu Suro 2023 jatuh? Mengapa ada larangan keluar rumah pada malam tersebut? Dan apa mitos yang melingkupi larangan tersebut? 

Malam Satu Suro, dikenal juga sebagai malam 1 Muharram, merupakan awal Tahun Baru Islam. Malam ini ditandai dengan sejumlah peringatan dan ritual khas oleh masyarakat Jawa.

Namun, kapan Malam Satu Suro 2023 ini berlangsung? Tahun ini, 1 Muharram jatuh pada hari Rabu, 19 Juli 2023. Maka, Malam Satu Suro 2023 akan diperingati pada malam hari menjelang 1 Muharram, yakni pada Selasa, 18 Juli 2023.

Pada malam ini, masyarakat Jawa melakukan berbagai tradisi dan ritual yang memiliki nilai spiritual tinggi.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x