Kapan Malam 1 Suro 2023 Kalender Jawa, Sejarah Malam Satu Suro, Pantangan Larangan 1 Suro Bisa Bawa Petaka

- 11 Juli 2023, 17:55 WIB
Keistimewaan malam 1 suro, arti malam satu suro bagi umat Islam, mitos, pantangan, larangan dan amalan malam 1 suro bagi orang Jawa.
Keistimewaan malam 1 suro, arti malam satu suro bagi umat Islam, mitos, pantangan, larangan dan amalan malam 1 suro bagi orang Jawa. /Aloysius Jarot Nugroho/ANTARA FOTO

 

BERITA DIY - Banyak yang mencari kapan malam 1 Suro 2023, sejarah malam Satu Suro, dan apa saja pantangan larangan 1 Suro mitos Jawa.

Ketahui, kapan malam 1 Suro Tahun Baru Jawa 2023, sejarah malam Satu Suro dan apa saja larangan 1 Suro di mitosnya bisa bikin petaka.

Untuk malam 1 Suro 2023 jatuh pada tanggal Kamis 18 Juli 2023 di kalender Jawa usai adzan Maghrib. Di kalender Masehi, 1 Suro 2023 jatuh pada Rabu 19 Juli 2023.

Malam 1 Suro biasanya bertepatan dengan Tahun Baru Islam 1 Muharram atau bulan pertama dalam kalender Hijriah di Islam.

Baca Juga: Arti Malam Satu Suro Bagi Umat Islam, Apakah Berbahaya? Ini Keistimewaan, Mitos, dan Pantangan Malam 1 Suro

Dalam sejarah malam Satu Suro, kalender Jawa ini pertama kali digunakan pada masa Sultan Agung sebagai bentuk alkuturasi antara ajaran Islam dan budaya Jawa.

Momen malam 1 Suro biasanya digunakan oleh masyarakat Jawa untuk membersikan pusaka yang disebut dengan istilah jamasan. Seperti di Kraton Yogyakarta.

Pusaka yang telah dibersihkan akan diarak pada malam 1 Suro di sekitaran benteng Kraton Ngayogyakarta. Dengan disertai pemberian koin Rupiah dan gunungan.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x