Arti Malam Satu Suro Bagi Umat Islam, Apakah Berbahaya? Ini Keistimewaan, Mitos, dan Pantangan Malam 1 Suro

- 11 Juli 2023, 17:00 WIB
Ilustrasi - Arti malam satu suro bagi umat Islam, apakah berbahaya? Simak keistimewaan, mitos, dan pantangan malam 1 suro.
Ilustrasi - Arti malam satu suro bagi umat Islam, apakah berbahaya? Simak keistimewaan, mitos, dan pantangan malam 1 suro. /Pixabay/558124

BERITA DIY - Saat ini banyak masyarakat yang mencari tahu arti malam satu suro bagi umat Islam, keistimewaan, mitos, dan pantangan malam 1 suro. 

Selain itu, banyak yang mencari tahu apakah berbahaya keluar atau melakukan sesuatu hal saat malam satu suro.

Simak arti malam satu suro bagi umat Islam, apakah berbahaya, serta keistimewaan, mitos, dan pantangan malam 1 suro. 

Umat Islam di Indonesia mengenal malam 1 Muharram atau malam tahun baru Islam. Namun bagi orang Jawa, malam tersebut dinamai pula sebagai malam 1 suro.

Baca Juga: Apa Itu Malam 1 Suro, Arti Satu Suro dengan Kirab di Budaya Jawa dan Apa Masuk Amalan Malam 1 Muharram 2022?

Istilah Suro adalah penyebutan yang berasal dari 'Asyura (bahasa Arab) yang berarti kesepuluh. Suro kemudian menjadi bulan permulaan hitungan dalam takwim Jawa. Sementara Suro dipahami oleh masyarakat Islam sebagai bulan Muharram.

Masyarakat Jawa juga menganggap malam 1 suro sebagai malam yang sakral sehingga banyak banyak orang yang melakukan ritual sebab ada kepercayaan bahwa malam 1 Suro  merupakan waktu para lelembut atau setan, jin, genderuwo, kuntilanak, dan sejenisnya akan muncul ke dimensi manusia.

Tradisi malam satu Suro bagi umat Islam Jawa, menitikberatkan pada ketentraman batin dan keselamatan. Hal itu lantas tercermin pada kegiatan malam satu suro yakni diadakannya ritual pembacaan doa dari semua umat yang hadir merayakannya.

Secara umum, ritual dan ibadah pada malam 1 Suro bertujuan untuk mendapatlan berkah dan terhindar dari marabahaya.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x