Amalan Malam 1 Muharram 1444 H Sesuai Sunnah NU, Ini Doa Malam 1 Suro & Niat Puasa Akhir Tahun Baru Islam 2022

- 29 Juli 2022, 19:01 WIB
Amalan 1 Muharram sesuai sunnah NU online, amalan malam 1 suro menulis bismillah, doa akhir tahun baru Islam dan niat puasa Asyura dan Tasua
Amalan 1 Muharram sesuai sunnah NU online, amalan malam 1 suro menulis bismillah, doa akhir tahun baru Islam dan niat puasa Asyura dan Tasua /UNSPLASH/katekerdi

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari amalan 1 Muharram sesuai sunnah NU online, amalan malam 1 suro menulis bismillah, doa akhir tahun baru Islam dan niat puasa Asyura dan Tasua.

Simak amalan malam 1 Muharram 1444 hijriyah sesuai sunnah NU, berikut ini doa malam 1 suro dan niat puasa Asyura serta Tasua di akhir tahun baru Islam.

Dalam bahasa Arab, Muharram (المحرم) berasal dari kata haram (حرم) yang artinya suci atau terlarang. Dinamakan Muharram, karena sejak zaman dulu pada bulan tersebut dilarang berperang dan membunuh.

Keutamaan bulan Muharram selanjutnya yaitu disebut-sebut sebagai bulannya Allah SWT. Hal ini disebutkan dalam kutipan hadis berikut: "Sebaik-baiknya puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram." (HR.Muslim).

Baca Juga: Arti Malam Satu Suro Bagi Umat Islam: Ini Keistimewaan, Mitos, Amalan hingga Pantangan Malam 1 Suro 2022

Umar bin Khattab menetapkan awal kalender hijriyah pada 1 Muharram yang bertepatan dengan momen bersejarah bagi umat Islam yaitu hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah pada 622 Masehi atau 1.444 tahun lalu. Bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan yang disucikan dalam Islam.

Puasa paling utama di bulan Muharram yaitu puasa di hari kesepuluh beserta satu hari sebelum dan sesudahnya, yaitu tanggal 9 dan 11.

Kedua, puasa di hari kesembilan dan kesepuluh atau yang juga disebut puasa Asyura. Ketiga, puasa di hari kesepuluh saja atau puasa Tasua.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Arafah Idul Adha Beserta Hukum dan Manfaat Menjalankannya, Puasa Arafah 2022 Tanggal Berapa?

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x