Resep dan Cara Memasak Bubur Suro Khas Hari Asyura dalam Tahun Baru Islam dan 1 Muharram di Masyarakat Jawa

- 8 Agustus 2022, 12:30 WIB
Resep dan cara memasak Bubur Suro yang dimakan pada Hari Asyura 10 Muharram dalam Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah yang enak dan mudah dimasak di rumah.
Resep dan cara memasak Bubur Suro yang dimakan pada Hari Asyura 10 Muharram dalam Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah yang enak dan mudah dimasak di rumah. /Tangkap Layar YouTube.com/Domo Bramantyo

BERITA DIY – Informasi resep dan cara memasak Bubur Suro yang sering ditemukan saat perayaan Tahun Baru Islam dan Hari Asyura di masyarakat Jawa untuk merayakan 1 Muharram 1444 Hijriah.

Umat Islam di Indonesia baru saja merayakan pergantian tahun dalam kalender Hijriah pada Sabtu, 30 Juli 2022 kemarin.

Dalam adat masyarakat Jawa, Tahun Baru Islam identik dengan salah satu menu makanan yang menjadi ciri khas, yaitu Bubur Suro.

Bubur suro sendiri dinamakan atas bulan Suro, yaitu bulan pertama dalam kalender Jawa yang bertepatan dengan kalender Hijriah.

Baca Juga: Resep Ayam Goreng Mentega Gurih Manis Lengkap Bumbu Marinasi dan Saus untuk 4-5 Porsi Makan

Bubur suro juga sering ditemukan sebagai makanan penting pada tanggal 10 Muharram atau yang sering disebut sebagai Hari Asyura.

Karena keberadaannya yang dekat dengan bulan Muharram dan Tahun Baru Islam, bubur suro menjadi sesuatu yang dinantikan oleh orang banyak.

Bubur suro memiliki rasa gurih dan dipadukan dengan berbagai rempah. Diperlukan teknik memasak yang teliti untuk bisa membuat bubur suro yang enak dan juga kaya makna untuk bulan Muharram.

Dikutip oleh BERITA DIY dari video di akun YouTube Domo Bramantyo berjudul Cara Mudah Membuat Bubur Suro Makanan Khas Tahun baru Islam, berikut resep dan cara memasak Bubur Suro yang dimakan saat bulan Muharram dan Hari Asyura dalam kalender Hijriah:

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x