Benarkah Tidak Boleh Keluar Saat Malam Satu Suro, Apa Berbahaya? Ternyata Ini Alasan dan Larangan Malam 1 Sura

- 16 Juli 2023, 11:09 WIB
Ilustrasi - Penjelasan benarkah tidak boleh keluar saat malam satu Suro, apakah berbahaya, ternyata ini alasan dan mitos larangan malam 1 Sura.
Ilustrasi - Penjelasan benarkah tidak boleh keluar saat malam satu Suro, apakah berbahaya, ternyata ini alasan dan mitos larangan malam 1 Sura. /PEXELS/Oleksandr Canary Islands

BERITA DIY - Simak penjelasan benarkah tidak boleh keluar saat malam satu Suro, apakah berbahaya, ternyata ini alasan dan mitos larangan malam 1 Sura.

Sebentar lagi malam satu Suro akan tiba. Banyak orang yang mencari tahu apakah benar jika pada malam 1 Sura itu tidak boleh keluar rumah.

Mitos dilarang keluar rumah saat malam satu Suro telah beredar di masyarakat Indonesia sejak lama. Lalu benarkah keluar rumah malam 1 Sura berbahaya, apa alasannya?

Perlu diketahui bahwa 1 Sura adalah tahun baru dalam kalender jawa, yakni bertepatan dengan tanggal 1 di bulan Suro. Tanggal ini juga bertepatan dengan tanggal penting di kalender hijriah.

Baca Juga: Arti Malam Satu Suro Bagi Umat Isam dan Orang Jawa, Kapan Malam 1 Suro Berakhir?

Satu Sura juga bertepatan dengan tanggal 1 Muharam yang tidak lain merupakan tahun baru Islam dalam kalender hijriah. Banyak orang yang menganggap malam ini sangat sakral.

Masyarakat Indonesia, khususnya orang jawa mempercayai jika malam satu Suro merupakan malam yang sakral. Teranyata alasan dianggap sakral karena banyak yang percaya jika pada malam itu dipenuhi dengan energi supranatural dan mistis.

Karena ada banyak energi supranatural maka malam tersebut diangga berbahaya. Namun hal tersebut merupakan mitos, sehingga Anda boleh percaya dan boleh tidak percaya. 

Beberapa alasan yang menyebabkan orang-orang tidak boleh keluar rumah yakni mencegah terkena pengaruh buruk dari energi supranatural. Beredar kabar jika pada saat itu energi para makhluk halus, jin atau setan semakin meningkat.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x