Kapan Peh Cun 2023? Ini Makna Perayaan Tradisi Umat Tionghoa dan Rangkaian Acara

- 20 Juni 2023, 21:00 WIB
Kapan Peh Cun 2023, makna tradisi dan rangkaian acara di Yogyakarta, Sungai Cisadane dan Pangkal Pinang.
Kapan Peh Cun 2023, makna tradisi dan rangkaian acara di Yogyakarta, Sungai Cisadane dan Pangkal Pinang. /Instagram.com/@jcacc.ig

BERITA DIY - Simak informasi kapan perayaan Peh Cun 2023 dirayakan lengkap dengan makna perayaan tradisi umat Tionghoa yang dirayakan tiap tahun dan rangkaian acara, berikut ini.

Umat atau masyarakat Tionghoa akan segera merayakan Hari Raya Peh Cun 2023. Pertanyaan tentunya bermunculan tentang kapan hari raya Peh Cun 2023.

Tak sedikit pula yang belum memahami arti dan makna dari perayana tradisi Peh Cun umat Tionghoa ini. Namun tak perlu khawatir, karena berikut dijelaskan apa makna dan arti dari tradisi Peh Cun tersebut.

Sebagai informasi, penetapan tanggal hari raya Peh Cun juga berbeda-beda tiap tahunnya seperti penetapan Tahun Baru Imlek, Cap Go Meh dan perayaan lain yang didasarkan pada penanggalan Imlek atau China.

Baca Juga: Cap Go Meh Itu Apa? Berikut Penjelasan Sejarah dan Fakta Menarik Tradisi Tionghoa

Dilansir dari laman wonderful.pangkalpinangkota.go.id, diketahui Peh Cun merupakan tradisi masyarakat Tionghoa untuk menghormati meninggalnya seorang bangsawan yang sangat dicintai rakyat bernama Qu Yuan.

Perayaan Peh Cun ini dilaksanakan setiap tanggal 5 bulan 5 dalam penanggalan imlek yang pada tahun 2023 ini jatuh pada Kamis, 22 Juni 2023 mendatang.

Pada perayaan Peh Cun ini, masyarakat Tionghoa di berbagai daerah akan berkumpul di pinggir pantai atau sungai untuk melakukan sejumlah rangkaian acara dan ritual sembahyang.

Proses ritual dimulai dengan sembahyang, dilanjutkan dengan beramai-ramai membuang kue Chang ke laut sebagai simbol penghormatan. Kue Chang sendiri merupakan kue yang terbuat dari ketan dan diisi dengan daging atau udang.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x