Bacaan Niat Zakat Fitrah Diri Sendiri maupun Sekeluarga, INI Nominal Zakat Uang dan Waktu Tepat Bayar

- 18 April 2023, 02:25 WIB
 Ilustrasi - Bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri maupun sekeluarga. Berikut nominal zakat fitrah dalam bentuk uang dan waktu tepat bayar.
Ilustrasi - Bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri maupun sekeluarga. Berikut nominal zakat fitrah dalam bentuk uang dan waktu tepat bayar. /Pixabay/@allybally4b

BERITA DIY - Simak bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri maupun sekeluarga. Berikut nominal zakat fitrah dalam bentuk uang dan waktu tepat bayar.

Zakat fitrah mengutip dompetdhuafa.org, merupakan upaya mensucikan harta bagi setiap umat Islam pada waktu fitri, yaitu memasuki Hari Raya Idul Fitri. 

Hukum zakat fitrah ini adalah wajib bagi umat Islam, baik laki-laki maupun perempuan, termasuk anak-anak.

Hadits riwayat Bukhari menyebutkan, Ibnu Umar ra berkata: “Rasulullah mewajibkan zakat fitrah kepada setiap budak atau orang merdeka, laki-laki maupun perempuan, anak maupun dewasa dari kalangan kaum muslimin”.

Baca Juga: Hukum Zakat Fitrah untuk Anak, Wajib Bayar Mulai Umur Berapa? Begini Niat Zakat Fitrah Sekeluarga

Adapun yang wajib membayar yakni yang memenuhi nisab atau batas harta yang wajib untuk membayar zakat fitrah. Pada zakat fitrah, nisabnya adalah seseorang yang memiliki makanan untuk sehari semalam selama Hari Raya Idul Fitri. 

Zakat fitrah untuk menyucikan diri ini juga tertuang dalam QS. At Taubah ayat 103 berikut bunyinya:

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x