5 Penyebab Mandi Wajib Tidak Sah, Apakah Harus Mengulang?

- 3 April 2023, 15:59 WIB
Ilustrasi. 5 penyebab mandi wajib tidak sah, apakah berbicara membatalkan mandi wajib, apakah menyentuh kemaluan membatalkan mandi wajib, setelah batal harus mengulang.
Ilustrasi. 5 penyebab mandi wajib tidak sah, apakah berbicara membatalkan mandi wajib, apakah menyentuh kemaluan membatalkan mandi wajib, setelah batal harus mengulang. /UNSPLASH/@kevinbae

BERITA DIY - Berikut ada 5 penyebab mandi wajib tidak sah, apakah berbicara membatalkan mandi wajib, apakah menyentuh kemaluan membatalkan mandi wajib, setelah batal apakah harus mengulang?

Dalam ajaran Islam, mandi wajib adalah mandi untuk menghilangkan hadas besar dengan cara membaca niat dan membasuh seluruh tubuh dengan air. Mandi wajib juga bisa disebut mandi junub atau mandi besar.

Sejumlah penyebab umat Islam melaksanakan mandi wajib adalah seperti bersetubuh, keluarnya air mani karena bermimpi atau lainnya, selesainya menstruasi, setelah melahirkan, dan setelah berhenti nifas.

 

Umat Islam harus mandi wajib dulu agar semua ibadahnya dapat dinyatakan sah dan diterima oleh Allah SWT. Pasalnya, umat beragama wajib dalam keadaan bersih saat menjalankan ibadah ajaran agama.

Baca Juga: Mandi Junub Setelah Imsak di Bulan Ramadhan Apakah Puasanya Sah? Simak Hukum dan Penjelasannya di Sini

Untuk diketahui, mandi wajib punya syarat-syarat sah dan hal-hal yang wajib dilakukan agar mandi wajib sah dan diterima oleh Allah SWT.

Apabila syarat sah dan kewajiban mandi wajib tidak dipenuhi, mandi wajib tidak sah dan dianjurkan untuk mengulang mandi wajib.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah