Niat Mandi Junub Bersamaan Mandi Haid Arab Latin, Hukum dan Tata Cara Menggabungkannya

- 23 Maret 2023, 16:50 WIB
Ilustrasi. Doa niat mandi wajib dan junub bersamaan Arab latin artinya, apa boleh mandi junub digabung dengan mandi setelah haid lengkap hukum dan tata cara mengabungkan.
Ilustrasi. Doa niat mandi wajib dan junub bersamaan Arab latin artinya, apa boleh mandi junub digabung dengan mandi setelah haid lengkap hukum dan tata cara mengabungkan. /PEXELS/Pixabay

 

BERITA DIY - Banyak yang bertanya mengenai niat mandi wajib dan junub bersamaan Arab latin artinya, apa boleh mandi junub digabung dengan mandi setelah haid lengkap hukum dan tata cara mengabungkannya menurut Nahdlatul Ulama (NU).

Umat muslim yang masih dalam keadaan junub dianjurkan mandi wajib sebelum puasa Ramadhan agar sah untuk beribadah meliputi puasa, membaca Al Quran, sholat serta melaksanakan ibadah lainnya.

Adapun tujuan mandi junub adalah untuk menghilangkan hadas besar dengan tata cara mengalirkan air ke seluruh badan, membersihkan dengan sabun serta keramas hingga sela-sela tubuh.

 

Salah satu ayat Al Quran yang menjelaskan perintah mandi wajib saat umat muslim masih dalam keadaan junub adalah Surat Al Maidah ayat 6, Allah berfirman: “Dan jika kamu junub, mandilah.”

Baca Juga: Bacaan Niat Sholat Witir 2 Rakaat dan 1 Rakaat yang Benar, Lengkap dengan Terjemahan Artinya

Sementara junub adalah hadas besar keluarnya mani yang keluar saat berhubungan intim atau dikeluarkan secara mandiri.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x