Sertifikasi Diputihkan 1,6 Juta Guru Langsung Terima Tunjangan hingga Rp 20 Juta, Kapan TPG 2023 Cair?

- 30 Januari 2023, 09:30 WIB
Sertifikasi diputihkan 1,6 juta guru langsung terima tunjangan sampai Rp 20 juta. Simak info kapan TPG 2023 cair.
Sertifikasi diputihkan 1,6 juta guru langsung terima tunjangan sampai Rp 20 juta. Simak info kapan TPG 2023 cair. /Makna Zaezar/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Sertifikasi diputihkan 1,6 juta guru langsung terima tunjangan sampai Rp 20 juta. Simak info kapan TPG 2023 cair dalam ulasan berikut. 

Kemendikbud berencana memutihkan sertifikasi bagi 1,6 juta guru. Hal ini merupakan bagian tanggapan dari kontroversi RUU Sisdiknas.

Perlu diketahui, pada Agustus 2022 lalu, Kemdikbud Ristek merilis draf RUU Sisdiknas. RUU ini menjadi kontroversi karena tidak mencantumkan Tunjangan Profesi Guru (TPG).

Kemdikbud pun memberikan penjelasan memang ke depan tidak ada TPG. Sebagai gantinya, guru ASN akan mendapat tunjangan sesuai UU ASN dan UU Ketenagakerjaan.

Baca Juga: Mendikbud Akan Ubah Penyaluran Tunjangan Sertifikasi Guru, Menguntungkan atau Tidak? Ini Jadwal TPG 2023 Cair

Tunjangan yang bisa diterima bisa sampai Rp 20 juta. Aturan yang direncanakan ini disebut akan menguntungkan para guru.

Sebab, untuk mendapatkan TPG, guru harus antre panjang sertifikasi lebih dulu. Sedangkan, dengan tunjangan sesuai UU ASN dan UU Ketenagakerjaan, guru tak perlu sertifikasi.

"Ini yang ingin kita koreksi. Seharusnya semua guru yang menjalankan tugas sebagai guru otomatis mendapat penghasilan yang layak, tanpa harus antre PPG dan menunggu tersertifikasi terlebih dahulu,” kata Kepala BSKAP Kemdikbud Ristek Anindito Aditomo dikutip dari Antara.

Kemdikbud mencatat saat ini ada 1,6 juta guru ASN yang aktif mengajar akan diputihkan dari sertifikasi dan bisa langsung menerima tunjangan non TPG.

Halaman:

Editor: F Akbar

Sumber: ANTARA Undang -Undang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x