Mendikbud Akan Ubah Penyaluran Tunjangan Sertifikasi Guru, Menguntungkan atau Tidak? Ini Jadwal TPG 2023 Cair

- 28 Januari 2023, 12:03 WIB
Ilustrasi - Mendikbud Nadiem Makarim akan ubah penyaluran tunjangan sertifikasi guru, menguntungkan atau tidak? Cek jadwal TPG 2023 cair.
Ilustrasi - Mendikbud Nadiem Makarim akan ubah penyaluran tunjangan sertifikasi guru, menguntungkan atau tidak? Cek jadwal TPG 2023 cair. /Dok menpan.go.id

BERITA DIY - Mendikbud Nadiem Makarim akan ubah penyaluran tunjangan sertifikasi guru, menguntungkan atau tidak? Cek jadwal TPG 2023 cair. 

Di awal tahun 2023 ini banyak guru sertifikasi bertanya kapan tunjangan profesi guru akan cair. Tapi, perlu diketahui penyaluran tunjangan sertifikasi akan diubah.

Mengutip menpan.go.id, Mendikbud Nadiem mengungkap penyaluran tunjangan profesi guru atau sertifikasi selama ini harus melalui dua lapis sebelum sampai di tangan guru.

Penyaluran tunjangan sertifikasi awalnya diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Baru, setelah itu pemerintah daerah memberikan ke para guru sertifikasi.

Baca Juga: Kapan Sertifikasi Guru Cair Bulan Ini? Awas Tunjangan Profesi Guru 2023 Tidak Cair Gara-gara 6 Alasan Berikut

Mendikbud Nadiem pun akan mengubah pola penyaluran tunjangan sertifikasi guru ini. Menguntungkan atau tidak?

Perubahan yang akan Mendikbud Nadiem lakukan yaitu memangkas birokrasi penyaluran tunjangan sertifikasi guru. Ia ingin tidak penyaluran TPG tidak perlu melalui pemerintah daerah.

Artinya, tunjangan profesi guru akan diberikan langsung pemerintah pusat kepada para guru sertifikasi. Dana TPG akan langsung ditransfer ke rekening guru.

Jika ini dijalankan, tentu pola penyaluran tunjangan sertifikasi akan menguntungkan para guru. Sebab TPG akan cepat diterima tak perlu melalui pemerintah daerah.

Halaman:

Editor: F Akbar

Sumber: menpan.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah