Kronologi Peristiwa G30S PKI dan Sejarah Singkat Peristiwa Tewasnya 7 Pahlawan Revolusi di Lubang Buaya

- 28 September 2022, 11:32 WIB
Tujuh korban G30S PKI dikenang dalam Monumen Pancasila Sakti, Jakarta. Kronologi peristiwa G30S PKI dan sejarah singkat peristiwa tewasnya 7 pahlawan revolusi di lubang buaya.
Tujuh korban G30S PKI dikenang dalam Monumen Pancasila Sakti, Jakarta. Kronologi peristiwa G30S PKI dan sejarah singkat peristiwa tewasnya 7 pahlawan revolusi di lubang buaya. /Kemendikbud

BERITA DIY - Simak kronologi peristiwa G30S PKI dan sejarah singkat peristiwa tewasnya 7 Pahlawan Revolusi di lubang buaya.

Salah satu kisah kelam dalam sejarah Republik Indonesia adalah Gerakan 30 September atau dikenal dengan G30S PKI.

Dalam peristiwa G30S PKI, tujuh perwira TNI yang terdiri dari enam jenderal dan satu lettu tewas menjadi korban kekejaman Partai Komunis Indonesia atau PKI pimpinan DN Aidit.

Jenazah ketujuh perwira TNI tersebut kemudian dibuang dengan sangat tidak layak dalam satu lubang di tempat bernama Lubang Buaya.

Lalu, bagaimana kronologi G30S PKI? Berikut penjelasan sejarah singkatnya.

Baca Juga: Sinopsis Film G30S PKI, Kapan Film G30S PKI Tayang di TV di September 2022?

Kronologi G30S PKI

30 September 1965, sekelompok pasukan yang dipimpin oleh Ketua Partai Komunis Indonesia (PKI) yakni DN Aidit bergerak menculik ketujuh korban yakni 7 perwira tinggi TNI.

Motif dari gerakan tersebut untuk untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Soekarno dan mengubah Indonesia menjadi negara komunis.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: blitarkota.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x