Sinopsis Film G30S PKI, Kapan Film G30S PKI Tayang di TV di September 2022?

- 27 September 2022, 12:17 WIB
Sinopsis film G30S PKI dan informasi kapan film G30S PKI tayang di TV di September 2022. Ada 6 jenderal dan 1 perwira TNI AD yang tewas.
Sinopsis film G30S PKI dan informasi kapan film G30S PKI tayang di TV di September 2022. Ada 6 jenderal dan 1 perwira TNI AD yang tewas. /Tangkapan layar Instagram.com/@antv_official

BERITA DIY - Berikut sinopsis film G30S PKI dan informasi kapan film G30S PKI tayang di TV di September 2022.

Film G30S PKI merupakan film sejarah bagi bangsa Indonesia. Film ini menceritakan kekejaman PKI yang membantai enam jenderal dan satu perwira TNI Angkatan Darat.

Sebagai informasi, film propaganda G30S PKI ini menggambarkan detail tragedi yang terjadi pada 30 September 1965.

Tragedi ini dilatarbelakangi pemberontakan dan upaya kudeta pemerintahan Indonesia yang dilakukan PKI. 

Baca Juga: Siapa Saja 10 Pahlawan Revolusi di Peristiwa G30S PKI? Ini Profil Tokoh yang Gugur di Jakarta dan Yogyakarta

Film G30S PKI tayang perdana pada 1984 di era Presiden Kedua RI Soeharto. Sutradara film ini yaitu Arifin C Noer dengan rumah produksi Perum Perusahaan Film Nasional (PPFN).

Kini, hampir setiap tahun film G30S PKI diputar di stasiun TV nasional, dan beberapa instansi juga ikut memutar untuk nonton bareng (nobar).

Adapun sinopsis film G30S PKI yaitu dimulai dari sekelompok orang yang disebut PKI menyerang umat Islam yang sedang sholat berjamaah di masjid.

Kemudian adegan berlanjut pada persiapan kudeta pemerintahan Indonesia yang dipimpin Komandan Batalyon Cakrabirawa Kolonel Untung Syamsuri, yang diduga berafiliasi kuat dengan PKI.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x