30 September 2021 Memperingati Hari Apa? Berikut 15 Ucapan Peringatan G30S PKI untuk Bangkitkan Nasionalisme

- 29 September 2021, 21:09 WIB
ILUSTRASI - Simak sejarah dan 15 kutipan peringatan G30S PKI yang jatuh pada tanggal 30 September 2021.
ILUSTRASI - Simak sejarah dan 15 kutipan peringatan G30S PKI yang jatuh pada tanggal 30 September 2021. /Instagram/@officialmnctv

BERITA DIY - Simak sejarah singkat 30 September 2021 yang diperingati sebagai peristiwa G30S PKI, beserta 15 ucapan peringatan untuk membangkitkan nasionalisme dan mengenang pahlawan yang telah gugur.

Siapa yang tidak tahu peristiwa G30S PKI yang menjadi bagian dari pelajaran di sekolah? Kejadian tersebut patut diperingati oleh masyarakat Indonesia setiap tanggal 30 September.

Pasalnya, sembilan pahlawan revolusi dinyatakan gugur dikarenakan pemberontakan yang lalu dikenal dengan sebutan G30S. Adapun dalang di balik sejarah hitam tersebut diduga Partai Komunis Indonesia (PKI).

Baca Juga: Profil DN Aidit Pemimpin PKI yang Terlibat G30S: Asal Mana, Kehidupan Awal, Karier, Penyebab Kematian

Otak utama dalam serangan ini menyeret nama DN Aidit selaku pemimpin PKI. Sjam Kamaruzaman sebagai Kepala Biro Khusus di lembaga rahasia PKI, Letkol Untung, beserta nama-nama lain yang terlibat.

Sisi lain, berikut daftar nama-nama yang telah gugur pada tanggal 30 September 1965:

- 7 pahlawan revolusi di Jakarta: Letjen TNI Ahmad Yani, Mayjen TNI Raden Suprapto, Mayjen TNI Mas Tirtodarmo Haryono, Mayjen TNI Siswondo Parman, Brigjen TNI Donald Isaac Panjaitan, Birgjen TNI Sutoyo Siswomiharjo, Lettu Pierre Andreas Tendean.

- 2 pahlawan revolusi di Yogyakarta: Kolonel Katamso Darmokusumo dan Letkol Sugijono.

- Korban meninggal lainnya: Bripka Karel Sadsuit Tubun (Pengawal kediaman dr. J. Leimana) dan Ade Irma Suryani (Putri Jenderal A.H. Nasution)

Baca Juga: Sejarah dan Dalang G30S, Simak Alasan Mengapa PKI Membunuh Para Jenderal

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x