Apa Itu Rebo Wekasan di Bulan Safar 2022? Ini Sejarah Asal Usul Berasal dari Daerah Mana, Doa hingga Larangan

- 20 September 2022, 10:28 WIB
Ilustrasi sejarah Rebo Wekasan, hadits Rebo Wekasan, doa Rebo Wekasan, apa itu Rebo Wekasan, doa Rebo Wekasan beserta artinya dan keutamaan Rebo Wekasan.
Ilustrasi sejarah Rebo Wekasan, hadits Rebo Wekasan, doa Rebo Wekasan, apa itu Rebo Wekasan, doa Rebo Wekasan beserta artinya dan keutamaan Rebo Wekasan. /PEXELS/ Ahmet Polat

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari sejarah Rebo Wekasan, hadits Rebo Wekasan, doa Rebo Wekasan, apa itu Rebo Wekasan, doa Rebo Wekasan beserta artinya dan keutamaan Rebo Wekasan.

Ketahui apa itu Rebo Wekasan di bulan Safar. Mulai dari sejarah, asal usul berasal dari daerah mana, doa Rebo Wekasan, keutamaan Rebo Wekasan dan wafak Rebo Wekasan.

Rebo Wekasan sendiri memiliki arti Rabu terakhir di bulan Safar. Safar sendiri dikenal sebagai bulan kedua dalam kalender Hijriah.

Adapun tradisi Rebo Wekasan bermula dari kepercayaan Islam dahulu kala yang menganggap bulan Safar sebagai bulan pembawa sial.

Baca Juga: Bacaan Doa Lidaf'il Bala dan Artinya, Simak Hukum Amalan Menurut Islam dan Waktu Sholat Rebo Wekasan

Dilansir MUI, anggapan Safar bisa mendatangkan kesialan muncul pada masyarakat Arab jahiliyyah. Namun tradisi ini masih dilanjutkan hingga kini.

Tujuan dari Rebo Wekasan adalah supaya Allah SWT menjauhkan diri dari segala penyakit dan malapetaka yang dipercaya diturunkan ketika hari Rabu terakhir di bulan Safar.

Asal-usul tradisi Rebo Wekasan ini bermula dari anjuran Syeikh Ahmad bin Umar Ad-Dairobi (w.1151 H) dalam kitab Fathul Malik Al-Majid Al-Mu-Allaf Li Naf’il ‘Abid Wa Qam’i Kulli Jabbar ‘Anid, atau biasa disebut: Mujarrobat ad-Dairobi.

Sesungguhnya dalam setiap tahun diturunkan 320.000 bencana atau bala dan semuanya diturunkan pada hari Rabu akhir dari bulan Shafar, maka hari itu merupakan hari yang paling berat dalam setahun.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x