Perjalanan Kasus Munir Said Thalib, 18 Tahun Setelah Meninggal Dunia: Siapa yang Diduga Dalang Pembunuhannya?

- 12 September 2022, 11:10 WIB
 Ilustrasi - Berikut perjalanan kasus Munir Said Thalib siapa dalam pembunuhan, benarkah penjelasan Bjorka.
Ilustrasi - Berikut perjalanan kasus Munir Said Thalib siapa dalam pembunuhan, benarkah penjelasan Bjorka. /Tangkap Layar Instagram/@hanungbramantyo

BERITA DIY - Inilah perjalanan kasus Munir Said Thalib setelah meninggal dunia pada 18 tahun yang lalu beserta dengan siapa yang diduga menjadi dalang kasus pembunuhan tersebut yang muncul usai unggahan Bjorka.

Adanya kasus pembunuhan yang dialami oleh Munir Said Thalib kembali menjadi perhatian publik setelah munculnya dugaan mengenai siapa dalang dibalik kasus tersebut.

Dugaan mengenai siapa dalang di balik pembunuhan aktivis Munir Said Thalib tersebut diketahui diunggah Bjorka yang belakangan juga menjadi perbincangan karena diduga membocorkan berbagai data dari pemerintah.

Dalam unggahan dari Bjorka beberapa waktu yang lalu tersebut, akun Twitter itu menyebutkan salah satu nama yang diduga berkaitan dengan kasus pembunuhan yang dialami oleh Munir.

Baca Juga: Kronologi Pembunuhan Munir Said Thalib, Kasus Kematian Aktivis HAM Indonesia Menurut Versi Hacker Bjorka

Diketahui bahwa berdasarkan pada unggahan Bjorka tersebut menduga bahwa jawaban atas siapa di balik pembunuhan Munir adalah sosok Muchdi Purwopranjono atau Muchdi PR.

Nama Muchdi Purwopranjono sendiri diketahui bukanlah nama baru yang muncul dalam dugaan siapa saja yang terlibat dalam kasus pembunuhan Munir, pasalnya dirinya pernah ditetapkan sebagai tersangka kasus tersebut pada tahun 2008.

Berdasarkan pada keputusan dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Desember 2008 diketahui bahwa memutuskan Muchdi Purwopranjono dengan vonis bebas secara murni.

Selain Muchdi PR, terdapat sejumlah nama yang sempat diduga terlibat dalam kasus pembunuhan Munir tersebut. Berikut merupakan perjalanan kasus pembunuhan Munir Said Thalib.

Baca Juga: Kenapa Kasus Munir Aktivis HAM Dikaitkan dengan Muchdi Purwoprandjono?

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x