Mendikbud Beberkan Nasib Guru Sertifikasi & Non PNS Usai RUU Sisdiknas Sah, Ini Nominal Tunjangan Profesi Guru

- 11 September 2022, 18:15 WIB
Kapan tunjangan profesi guru cair, sertifikasi guru cair hari ini, TPG non PNS cair pekan depan, dan apakah tunjangan profesi guru akan dihapus.
Kapan tunjangan profesi guru cair, sertifikasi guru cair hari ini, TPG non PNS cair pekan depan, dan apakah tunjangan profesi guru akan dihapus. /Makna Zaezar/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari kapan tunjangan profesi guru cair, sertifikasi guru cair hari ini, TPG non PNS cair pekan depan, dan apakah tunjangan profesi guru akan dihapus.

Ketahui Mendikbud Nadiem Makarim beberkan nasib guru sertifikasi dan non PNS saat RUU Sisdiknas disahkan, berikut nominal baru tunjangan profesi guru.

TPG atau tunjangan profesi guru merupakan tunjangan yang diberikan Pemerintah pada guru dan dosen yang mempunyai sertifikat pendidik sebagai penghargaan atas profesionalitasnya.

TPG ini diberikan kepada guru dan dosen yang berstatus PNS ataupun non-PNS, dan diberikan setiap bulan yang besarannya ditentukan oleh PP Nomor 41 Tahun 2009 dan peraturan turunan.

Baca Juga: Sertifikat Pendidik PPG Tak Lagi Jadi Syarat Tunjangan Profesi Guru, Dapat TPG di RUU Sisdiknas Makin Mudah

Sementara bagi guru tetap bukan PNS yang punya sertifikat pendidik tetapi belum memiliki jabatan fungsional guru, diberikan tunjangan guru profesi sebesar Rp 1,5 juta setiap bulan sampai dengan memperoleh jabatan fungsional guru.

Pencairan tunjangan sertifikasi guru atau TPG TW 2 telah dicairkan sejak 5 Agustus 2022. Tunjangan sertifikasi guru merupakan tunjangan yang diberikan kepada para guru yang telah memiliki sertifikat pendidik.

Saat ini Pemerintah tengah menggodok Rancangan Undang-Undang (RUU) Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) yang mana disebutkan masuk dalam Prolegnas 2022.

Dalam RUU Sisdiknas tersebut, ada hal yang menjadi sorotan banyak pihak, salah satunya ialah penghapusan pasal terkait tunjangan profesi guru atau TPG.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x