Waspada! Kenali Gejala Diabetes Melitus atau Gula Darah Tinggi untuk Deteksi Dini

- 30 Agustus 2022, 16:22 WIB
Waspada! Kenali gejala Diabates Melitus atau Gula Darah Tinggi untuk deteksi dini supaya terhindar dari komplikasi yang lebih parah.
Waspada! Kenali gejala Diabates Melitus atau Gula Darah Tinggi untuk deteksi dini supaya terhindar dari komplikasi yang lebih parah. /Tangkap layar Twitter.com/@KemenkesRI

BERITA DIY - Diabetes melitus atau gula darah tinggi merupakan penyakit yang jarang terasa setelah kondisinya parah, sehingga deteksi dini dan kenali gejalanya perlu dilakukan.

Diabetes melitus adalah penyakit yang bisa dialami oleh segala orang dan tidak memandang usia, bahkan dalam beberapa kasus anak kecil pun juga bisa mengalami.

Mengetahui gejala diabetes melitus merupakan langkah yang tepat untuk deteksi dini dalam penanganan sakit ini.

Semakin cepat diketahui dan ditangani akan semakin besar pula penderitanya terhindar dari komplikasi serius pada organ tubuh.

Baca Juga: Cara Pencegahan Cacar Monyet, Perbedaan dengan Cacar Air dan Bahaya Virus bagi Manusia menurut Kemenkes

Diabetes atau terkadang sering dikenal dengan sebutan kencing manis adalah suatu kondisi dimana seseorang mempunyai kadar gula atau glukosa dalam darah yang tinggi.

Jika tidak segera mendapatkan pengobatan atau tidak terkontrol, kondisi ini dapat menyebabkan masalah serius.

Penyakit jantung, stroke, kebutaan, gagal ginjal, bahkan meninggal dunia merupakan beberapa hal yang dapat dipicu dari penderita diabetes ini.

Tubuh manusia pada dasarnya secara aktif memproduksi hormon alami melalui pankreas yang disebut Insulin untuk memecah gula dalam makanan yang dikonsumsi.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x