Cara Pencegahan Cacar Monyet, Perbedaan dengan Cacar Air dan Bahaya Virus bagi Manusia menurut Kemenkes

- 22 Agustus 2022, 11:41 WIB
Ilustrasi - Cara pencegahan penularan cacar monyet, perbedaan dengan cacar air, dan seberapa bahaya virus ini bagi manusia menurut Kemenkes.
Ilustrasi - Cara pencegahan penularan cacar monyet, perbedaan dengan cacar air, dan seberapa bahaya virus ini bagi manusia menurut Kemenkes. /Pixabay/Alexandra_Koch

BERITA DIY - Cacar Monyet terkonfirmasi muncul di Indonesia. Lantas bagaimana cara pencegahan penularan virus ini serta gejala, perbedaan dengan cacar air, dan seberapa bahaya bagi manusia?

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) sudah mengkonfirmasi virus cacar monyet sudah muncul di Indonesia.

Kemenkes turut menghimbau kepada masyarakat untuk menghindari kontak langsung dengan pasien yang terkonfirmasi cacar monyet.

Masyarakat tentu perlu waspada dan mengenali virus cacar monyet ini baik cara pencegahan, perbedaan dengan cacar air dan tingkat bahaya dari virus ini.

Baca Juga: Waspada! Cacar Monyet Terkonfirmasi Muncul di Indonesia, Kemenkes Minta Masyarakat Hindari Orang Bergejala

Dilansir dari situs Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bali, diskes.baliprov.go.id, umumnya gejala dari cacar monyet mirip dengan cacar air, perbedaan utama terletak pada pembengkakan kelenjar getah bening.

Pada cacar monyet akan menyebabkan pembekakan kelenjar getah bening di area leher, ketiak atau selangkangan, sedangkan pada cacar air tidak.

Gejala yang dialami penderita cacar monyet antara lain berupa:

  • Sakit kepala
  • Demam akut diatas 38,5 derajat celcius.
  • Limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening)
  • Nyeri otot/Myalgia
  • Sakit punggung
  • Asthenia (kelemahan tubuh)
  • Lesi atau ruam cacar (benjolan berisi air ataupun nanah pada seluruh tubuh)

Baca Juga: Ini Perbedaan Cacar Monyet dan Cacar Air yang Harus Diketahui, Kasus Monkeypox Sudah Masuk Indonesia

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x