Waspada! Cacar Monyet Terkonfirmasi Muncul di Indonesia, Kemenkes Minta Masyarakat Hindari Orang Bergejala

- 20 Agustus 2022, 20:22 WIB
 Waspada! Cacar Monyet terkonfirmasi muncul di Indonesia oleh Kemenkes, masyarakat diminta untuk hindari orang bergejala.
Waspada! Cacar Monyet terkonfirmasi muncul di Indonesia oleh Kemenkes, masyarakat diminta untuk hindari orang bergejala. /Tangkap layar sehatnegeriku.kemkes.go.id

BERITA DIY - Cacar Monyet atau Monkeypox terkonfirmasi muncul di Indonesia, masyarakat diminta hindari orang yang bergejala.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) melalui konfrensi pers di Youtube menyampaikan bahwa terdapat satu kasus positif cacar monyet.

Juru bicara Kemenkes RI dr. Mohammad Syahril menyampaikan terdapat satu pasien terkonfirmasi positif cacar monyet yaitu seorang laki-laki berusia 27 tahun di DKI Jakarta.

Pasien pertama ini dinyatakan terkena setelah berpergian keluar negeri dengan gejala demam dan pembesaran kelenjar limfe di sekitar leher serta cacar atau ruam di muka, telapak tangan, kaki, sebagian di sekitar alat kelamin.

Baca Juga: Apa Itu Suspek Cacar Monyet? Ini Cara Penularan, Penyebab dan Gejala Cacar Monyet yang Perlu Diketahui

Kemenkes turut menghimbau kepada masyarakat untuk menghindari kontak langsung dengan pasien yang terkonfirmasi cacar monyet.

Kontak langsung yang dihindari seperti bersalaman, berpelukan, sentuhan fisik lainnya serta benda di sekitar pasien seperti handuk dan selimut.

Selain itu, Kemenkes menghimbau juga kepada masyarakat harus menghindari kontak dengan orang yang bergejala baik itu teman dan sahabat.

Dikutip dari situs resmi Kemenkes, gejala cacar monyet biasanya demam, sakit kepala hebat, nyeri otot, sakit punggung, lemas, pembengkakan kelenjar getah bening (di leher, ketiak atau selangkangan) dan ruam atau lesi kulit.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x