Kenali Gejala Cacar Monyet, Bisa Menular Lewat Apa? Simak Cara Mencegah Penularan Penyakit Itu

- 1 Agustus 2022, 19:46 WIB
Ilustrasi - Berikut gejala, cara menular, dan mencegah cacar monyet.
Ilustrasi - Berikut gejala, cara menular, dan mencegah cacar monyet. /Pixabay/Alexandra_Koch

BERITA DIY - Ketahui gejala cacar monyet atau disebut monkeypox lengkap dengan cara menular dan cara mencegah beserta mengobati yang dapat dilakukan.

Penyakit cacar monyet dalam beberapa waktu belakangan ini terus mengalami peningkatan jumlah kasus secara signifikan dan serius yang terjadi di berbagai negara di dunia.

Sejumlah negara yang diketahui memiliki jumlah angka kasus penyakit cacar monyet yang terjadi tersebut yaitu seperti yang terjadi di Inggris, Spanyol, dan juga Amerika Serikat.

Bahkan dengan adanya penularan kasus cacar monyet yang ditemukan tersebut, membuat sejumlah negara kemudian memberlakukan status darurat kesehatan untuk mendapatkan perhatian secara serius.

Baca Juga: 7 Gejala Cacar Monyet yang Harus Diketahui Lengkap dengan Langkah Pencegahan Infeksi

Gejala Cacar Monyet

Sementara itu, berdasarkan pada rilis Sekretariat Kabinet Republik Indonesia pada 27 Juli 2022, menyatakan bahwa belum adanya penyakit cacar monyet yang terjadi di Indonesia.

Meski demikian, pihak Kementerian Kesehatan atau Kemenkes telah menyiapkan beberapa langkah strategis, guna nantinya dapat mencegah penularan kasus cacar monyet tersebut.

Salah satu yang dilakukan adalah dengan menginformasikan mengenai gejala yang dapat terjadi kepada seorang yang mengalami penyakit cacar monyet tersebut.

Adapun mengenai gejala dari seseorang yang terkena penyakit cacar monyet ini sendiri ialah seperti yang dikutip dari laman b2p2vrp.litbang.kemkes.go.id berikut ini:
- Sakit kepala
- Demam akut >38,5oC
- Limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening)
- Nyeri otot/Myalgia
- Sakit punggung
- Asthenia (kelemahan tubuh)
- Lesi cacar (benjolan berisi air ataupun nanah pada seluruh tubuh)

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x