Apa Itu Monkeypox? Ini Penyebab, Gejala pada Tubuh, dan Cara Penularan Penyakit Cacar Monyet

- 4 Agustus 2022, 08:25 WIB
Ilustrasi. Apa itu monkeypox penyakit virus yang ditemukan di Jawa Tengah? Ini penyebab, gejala pada tubuh, dan cara penularannya.
Ilustrasi. Apa itu monkeypox penyakit virus yang ditemukan di Jawa Tengah? Ini penyebab, gejala pada tubuh, dan cara penularannya. /Pixabay/geralt

BERITA DIY - Monkeypox telah ditemukan kasusnya di Jawa Tengah. Ini penyebab, gejala awal pada tubuh, dan cara penularannya.

Kasus monkeypox atau cacar monyet akhir-akhir ini sedang menjadi perbincangan setelah ditemukan 1 suspek penyakit virus ini di Jawa Tengah.

Monkeypox atau cacar monyet adalah suatu penyakit infeksi virus yang disebabkan oleh virus yang berasal dari hewan disebut juga sebagai virus zoonosis.

Memiliki nama monkeypox atau cacar monyet dikarenakan virus langka ini ditemukan dan menjadikan monyet sebagai inang utama mereka.

Baca Juga: Waspada Monkeypox di Indonesia Ada Suspeknya: Deteksi Dini dengan Mengetahui Penyebab dan Gejala Cacar Monyet

Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), monkeypox merupakan bagian dari keluarga virus yang sama dengan penyakit cacar.

Gejala Monkeypox

Gejala monkeypox yang dirasakan mirip dengan penyakit cacar pada umumnya, namun lebih ringan dan jarang berakibat fatal.

Salah satu gejala yang dialami penderita penyakit monkeypox yaitu merasakan nyeri otot serta sakit punggung.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x