Gejala Cacar Monyet, Penjelasan Penyakit, dan Imbauan IDI pada Masyarakat untuk Mencegah Penularan

- 8 Agustus 2022, 18:21 WIB
Ilustrasi. Penjelasan penyakit cacar monyet, gejala penyakit, dan beberapa imbauan IDI pada masyarakat untuk mencegah penularan cacar monyet yang kini sedang melanda Singapura.
Ilustrasi. Penjelasan penyakit cacar monyet, gejala penyakit, dan beberapa imbauan IDI pada masyarakat untuk mencegah penularan cacar monyet yang kini sedang melanda Singapura. /PEXELS/DSD

BERITA DIY – Informasi gejala penyakit cacar monyet, cara penularan, dan himbauan IDI untuk penyakit yang sedang menyebar di beberapa negara di Asia, salah satunya di Singapura.

Penyakit cacar monyet saat ini sedang menyebar di beberapa negara tetangga di kawasan Asia, termasuk di Asia Tenggara.

Sebagai contoh, Singapura telah mencatat kasus pertama cacar monyet pada 20 Juni 2022 lalu dan kini terus meningkat hingga 15 kasus.

Beruntung, Indonesia hingga saat ini masih dinyatakan 0 kasus setelah sebelumnya suspek cacar monyet di daerah Jawa Tengah dinyatakan negatif monkeypox.

Baca Juga: Bagaimana Monkeypox Bisa Menular? Simak Langkah Pencegahan Cacar Monyet di Rumah

Lalu, apa sebenarnya penyakit Cacar Monyet dan bagaimana cara mengatasinya?

Apa itu Cacar Monyet?

Cacar monyet adalah sebuah penyakit dari virus cacar dengan nama monkeypox virus (MPXV) yang merupakan bagian dari genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae.

Dikutip dari laman Healthline, cacar monyet adalah penyakit yang umum ditemukan di bagian barat dan tengah benua Afrika seperti Kamerun, Gabon, Nigeria, Pantai Gading, dan Sudan Selatan.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x