Kenali Gejala Flu Tomat yang Sedang Mewabah di India, Hati-hati Mirip dengan Demam Berdarah dan Chikungunya

- 24 Agustus 2022, 11:06 WIB
Ilustrasi - Gejala flu tomat yang sedang mewabah di India.
Ilustrasi - Gejala flu tomat yang sedang mewabah di India. /PIXABAY/Victoria_Art

BERITA DIY - Kenali gajala flu tomat yang sedang mewabah di India dan harus diperhatikan oleh masyarakat Indonesia karena mirip dengan gejala chikungunya.

Para pakar medis di India tengah berjuang melawan penyebaran virus Flu Tomat. Wabah Flu Tomat ini pertama kali dilaporkan di distrik Kollam Kerala, India pada 6 Mei 2022 dan telah mencatatkan 82 kasus sejak saat itu.

Virus flu tomat ini menunjukkan gejala yang mirip dengan Covid 19 namun tidak memiliki kaitan apapun. Flu tomat justru menjadi efek lanjutan dari penyakit chikungunya atau demam berdarah pada anak.

Penamaan penyakit ini didasarkan pada efek melepuh merah dan neyri di sekujur tubuh yang berangsur-angsur membesar hingga seukuran tomat.

Baca Juga: Apa Itu Penyakit Flu Tomat Lengkap Contoh Gejala dan Cara Penularan, Apakah Sudah Ada di Indonesia?

Penelitian menunjukkan bahwa penyakit flu tomat ini menargetkan anak berusia satu hingga lima tahun dan orang dewasa dengan gangguan kekebalan dan bisa menjadi varian baru, penyakit tangan, kaki dan mulut.

Dikutip dari Indiatoday.in, gejala utama yang diamati pada anak-anak yang terkena flu tomat mirip dengan gejala chikungunya yaitu demam tinggi, ruam dan nyeri hebat pada persendian.

Biasanya juga akan muncul gejala lain yang mirip dengan saat terinfeksi Covid 19 yaitu, egal-pegal, demam dan kelelahan.

Baca Juga: 8 Cara Menyembuhkan Pilek Secara Alami dan Cepat, Simak Tips Ini agar Flu Tak Bertambah Parah

Halaman:

Editor: Sani Charonni

Sumber: Indiatoday.in


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x