Apa Itu Open Mic? Frasa Umum Komika Indonesia yang Dipatenkan Jadi Merek Dagang di DJKI Indonesia

- 26 Agustus 2022, 11:16 WIB
Ilustrasi - Simak apa itu istilah ‘Open Mic’, di mana istilah yang kerap digunakan komika Indonesia tersebut didaftarkan sebagai merek dagang di DJKI.
Ilustrasi - Simak apa itu istilah ‘Open Mic’, di mana istilah yang kerap digunakan komika Indonesia tersebut didaftarkan sebagai merek dagang di DJKI. /Tangkap Layar Instagram/@pandji.pragiwaksono

BERITA DIY - Simak penjelasan terkait apa itu istilah ‘Open Mic’, di mana istilah atau frasa umum yang kerap digunakan komika Indonesia tersebut didaftarkan kepatenannya sebagai merek dagang.

Saat ini para komika Indonesia tengah mengurus gugatan terhadap terdaftarnya hak paten istilah ‘Open Mic’ sebagai merek dagang.

Dengan dipatenkannya istilah tersebut, komika Indonesia merasa dirugikan karena setiap penggunaan istilah tersebut penggunanya bisa disomasi dan harus membayar denda.

Dilansir dari situs resmi Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Indonesia, istilah ‘Open Mic’ telah terdaftar sejak 05 Juni 2015 lalu oleh Ramon Pratomo atau dikenal juga sebagai Ramon Papana.

Baca Juga: Jokowi Digugat di Pengadilan, Ferdinand Hutahaean: Kalau Mau Melawak ke Panggung Stand Up Comedy

Istilah tersebut didaftarkan dengan nama lengkap ‘Open Mic Indonesia’ untuk merek dagang hiburan, acara, radio, dan televisi.

Terkait didaftarkannya hak paten dari istilah ‘Open Mic Indonesia’, Pandji Pragiwaksono sebagai salah satu komika Indonesia menanggapi kabar tersebut melalui Instagram.

“Kalau memang peduli dgn tumbuh kembang kesenian stand-up comedy, kalau memang sayang dengan pelaku kesenian ini, kembalikan #OpenMicMilikPublik supaya ga ada yg disuruh bayar 1M lagi. ps: Gue ga tau ada dress code-nya.” tulis Pandji Pragiwaksono lewat akun @pandji.pragiwaksono, dikutip Berita DIY pada 25 Agustus 2022.

Diketahui Pandji Pragiwaksono dan komika Indonesia lainnya mengambil langkah hukum untuk menindak lanjuti dipatenkannya istilah ‘Open Mic’

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x