Tawaf Wada Adalah Apa? Simak Penjelasan Artinya, Tata Cara, dan Bacaan Doa dengan Arti Bahasa Indonesia

- 23 Juli 2022, 19:30 WIB
Ilustrasi - Tawaf Wada adalah apa dan tata cara serta bacaan doa melaksanakan.
Ilustrasi - Tawaf Wada adalah apa dan tata cara serta bacaan doa melaksanakan. /PIXABAY/@fuad787041/4 images

BERITA DIY - Berikut merupakan penjelasan Tawaf Wada adalah apa lengkap beserta dengan artinya, tata cara, dan juga bacaan doa beserta arti dalam Bahasa Indonesia.

Dalam rangkaian ibadah haji maupun umrah, salah satu ibadah yang diketahui untuk dilakukan oleh umat Islam adalah menjalankan ibadah yaitu Tawaf yang dilakukan.

Ibadah Tawaf yang dilakukan pada saat pelaksanaan haji maupun umrah ini sendiri diketahui merupakan ibadah yang dilaksanakan dengan mengelilingi Kakbah dan membaca bacaan doa.

Dalam ibadah Tawaf pada saat melaksanakan ibadah haji ataupun umrah ini sendiri juga terdapat beberapa jenis Tawaf yang dilakukan yaitu seperti Tawaf Qudum, Tawaf Ifadhah, dan Tawaf Wada.

Baca Juga: Penjelasan Tawaf, Jenis Tawaf, dan Tata Cara Pelaksanaan Tawaf yang Termasuk Rukun dalam Haji

Mengenai Tawaf Wada sendiri adalah ibadah Tawaf yang dilakukan atau bertujuan sebagai perpisahan setelah menunaikan segala macam rangkaian ibadah pada saat ibadah haji ataupun umrah.

Waktu pelaksanaan Tawaf Wada ini sendiri diketahui bahwa dapat dilakukan oleh jamaah baik yang telah melaksanakan ibadah haji maupun umrah sebelum meninggalkan Kota Makkah.

Sementara itu, hukum menjalankan ibadah Tawaf Wada sesuai dengan waktu yang dianjurkan untuk dilakukan adalah wajib dilaksanakan bagi umat Islam yang menjalankan haji ataupun umrah.

Sedangkan yang perlu untuk diketahui dalam menjalankan ibadah Tawaf Wada nantinya ialah seperti apakah tata cara yang dapat dilakukan dalam ibadah dan bacaan doa yang dilafalkan.

Baca Juga: Apa Itu Tawaf? Simak Tata Tertib, Urutan Pelaksanaan Haji dan Umroh, Serta Kapan Waktu Pelaksanaan Tahallul

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x