6 Rukun Haji Ibadah Umat Islam Mulai dari Ihram, Tawaf hingga Tahallul dan Biaya Haji 2022 di Indonesia

- 14 April 2022, 20:40 WIB
Ilustrasi - Enam rukun haji dalam ibadah Haji umat Islam serta biaya haji jamaah Indonesia 2022.
Ilustrasi - Enam rukun haji dalam ibadah Haji umat Islam serta biaya haji jamaah Indonesia 2022. /Pexels/Sulthan Auliya

BERITA DIY - Berikut ini merupakan rukun Haji yang terdiri atas 6 rukun dimulai dari Ihram, Wukuf, Tawaf hingga Tahallul. Beserta biaya berangkat Haji jamaah Indonesia tahun 2022.

Haji berasal dari bahasa Arab hajja-yahujju-hujjan, yang berate qoshada, yakni bermaksud atau berkunjung.

Sedangkan dalam istilah agama, haji adalah sengaja berkunjung ke Baitullah Al-Haram (Ka’bah) di Makkah untuk melakukan serangkaian amalan yang telah diatur oleh syariat.

Baca Juga: Info Biaya Perjalanan Ibadah Haji Terbaru 2022: Nominal yang Disepakati Pemerintah dan Kuota Jamaah Indonesia

Baca Juga: Berapa Biaya Haji 2022 Terbaru? Rincian Fasilitas hingga Kuota Jemaah Haji Indonesia Tahun Ini

Ada beberapa tempat tertentu yang menjadi syarat sah Haji didalamnya termasuk Ka’bah, Makkah, Shafa dan Marwa, Muzdalifah, dan Arafah. Sedangkan aktivitas tertentunya ada ihram, sa’i, thawaf, dan wukuf.

Sebagai umat muslim, perlu memahami juga bahwa untuk berangkat haji dibutuhkan ilmu yang cukup serta dilakukan bagi muslim yang mampu.

Mengutip dari buku Fiqh Ibadah karya Abdul Aziz Muhammad Azzam dan Abdul Wahhab Sayyed Hawwas (2009), setidaknya ada 5 syarat yang wajib terpenuhi seorang muslim sebelum haji:

Baca Juga: Penyebab Biaya Haji 2022 Naik Jadi Rp 39 Juta Apa? Penjelasannya di Sini

Islam. Setiap dari umat Islam memiliki kewajiban menunaikan ibadah haji jika telah terpenuhi semua persyaratan-persyaratannya. Jelas pula bahwa orang non muslim tidak berkewajiban untuk menunaikan ibadah haji.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x