Bahaya Jajanan Ice Smoke atau Es Ciki Kebul yang Akibatkan Luka Bakar hingga 30 Persen pada Bocah di Ponorogo

- 16 Juli 2022, 17:33 WIB
Informasi bahaya jajanan ice smoke atau es ciki kebul yang sempat viral di TikTok karena akibatkan luka bakar pada bocah lima tahun di Ponorogo, Jawa Timur.
Informasi bahaya jajanan ice smoke atau es ciki kebul yang sempat viral di TikTok karena akibatkan luka bakar pada bocah lima tahun di Ponorogo, Jawa Timur. /PEXELS/David Disponett

BERITA DIY – Simak informasi bahaya dalam makanan Ice Smoke atau es ciki kebul yang membuat seorang bocah berusia lima tahun di Ponorogo, Jawa Timur terbakar dan menderita luka hingga harus dibawa ke rumah sakit.  

Ice Smoke atau yang lebih dikenal di masyarakat sebagai es ciki kebul adalah salah satu jajanan yang banyak disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Jajanan ini disebut sebagai ice smoke atau es ciki kebul karena dapat mengeluarkan asap serupa embun sehingga dapat menarik perhatian pembelinya.

Sebagai informasi, asap tersebut merupakan hasil penggunaan nitrogen cair dalam proses membuat jajanan tersebut.

Baca Juga: Masih Muda Sudah Punya Asam Urat? Ini 3 Pantangan Makanan yang Harus Dihindari

Nitrogen cair sendiri dapat mengeluarkan asap karena sebagai bentuk pelepasan bentuk dari wujud cair yang sangat dingin dan menguap menuju bentuk gas ke udara terbuka.

Seperti dilansir oleh BERITA DIY dari Pikiran-Rakyat.com, terdapat video yang beredar di media sosial yang menampilkan korban yang terbakar akibat jajanan ice smoke atau es ciki kebul.

Hal ini bermula ketika sang anak yang sedang menonton pertunjukan reog di Desa Ngasinan, Kecamatan Jetis, Ponorogo, meminta kepada orang tuanya untuk membeli jajanan ice smoke.

Menurut pengakuan ayah korban, ice smoke tersebut mendadak mengeluarkan api dan sontak membakar tubuh korban saat dipegang.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x