10 Cara Menurunkan Kolestrol dengan Alami agar Terhindari dari Serangan Jantul hingga Gagal Ginjal

- 29 Juni 2022, 16:48 WIB
ILUSTRASI - 10 cara menurunkan kolestrol dengan alami agar terhindar dari penyakit serangan jantung hingga gagal ginjal.
ILUSTRASI - 10 cara menurunkan kolestrol dengan alami agar terhindar dari penyakit serangan jantung hingga gagal ginjal. /PIXABAY/stevepb

BERITA DIY - Simak 10 cara menurunkan kolestrol dengan alami agar terhindar dari penyakit serangan jantung hingga gagal ginjal.

Sebagai informasi, kolesterol dibuat di hati Anda dan memiliki banyak fungsi penting. Misalnya, membantu menjaga dinding sel Anda fleksibel dan diperlukan untuk membuat beberapa hormon.

Namun terlalu banyak kolesterol atau kolesterol di tempat yang salah dapat berbahaya dan menimbulkan kekhawatiran bagi kesehatan.

Dikutip Berita DIY dari Healthline, seperti lemak, kolesterol tidak larut dalam air. Sebaliknya, untuk bergerak di sekitar tubuh, itu tergantung pada molekul yang disebut lipoprotein. Ini membawa kolesterol, lemak, dan vitamin yang larut dalam lemak dalam darah Anda.

Baca Juga: Makanan yang Bisa Turunkan Kolestrol Tinggi Akibat Makan Enak Selama Lebaran Idul Fitri

Berbagai jenis lipoprotein memiliki efek yang berbeda pada kesehatan. Misalnya, kadar lipoprotein densitas rendah (LDL) yang tinggi menghasilkan timbunan kolesterol di dinding pembuluh darah, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti arteri tersumb, srangan jantung, hingga gagal  ginjal.

Sebaliknya, high-density lipoprotein (HDL) membantu membawa kolesterol menjauh dari dinding pembuluh darah dan membantu mencegah kondisi ini.

Ada banyak cara alami untuk meningkatkan kolesterol HDL (baik) dan menurunkan kolesterol LDL (jahat), di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Fokus pada lemak tak jenuh tunggal

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x