Apa Itu Etnosentrisme? Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Cara Menghadapi Sikap Etnosentrisme

- 30 Mei 2022, 14:06 WIB
Ilustrasi Apa itu Etnosentrisme? pengertian, penyebab, dampak, dan cara menghadapi sikap Etnosentrisme.
Ilustrasi Apa itu Etnosentrisme? pengertian, penyebab, dampak, dan cara menghadapi sikap Etnosentrisme. /PIXABAY/@Antonio_Cansino

BERITA DIY - Simak apa itu Etnosentrisme? pengertian, penyebab, dampak, dan cara menghadapi sikap Etnosentrisme. Sikap Etnosentrisme dapat memberikan dampak bagi individu maupun masyarakat dan kehidupan sosial maka penting untuk memahami Etnosentrisme.

Dikutip dari Universitas Medan Area, Etnosentrisme merupakan pandangan yang dimiliki oleh seseorang yang menganggap bahwa budaya yang dimiliki lebih baik dari budaya orang lain.

Sikap membanggakan budayanya sendiri tersebut memiliki kecenderungan untuk meremehkan atau merendahkan budaya orang lain.

Baca Juga: Apa Itu Hari Raya Tilem yang Dilaksanakan pada 30 Mei 2022: Tujuan, Arti, dan Makna dari Perayaan

Merujuk pada KBBI, Etnosentrisme diartikan sebagai sikap atau pandangan yang berpangkal pada masyarakat dan kebudayaan sendiri, biasanya disertai dengan sikap dan pandangan yang meremehkan masyarakat dan kebudayaan lain.

Etnosentrisme juga disebut dengan fanatisme kesukuan di mana sikap tersebut akan melahirkan dampak negatif dan juga dampak positif.

Etnosentrisme dapat memberikan dampak positif apabila individu atau kelompok tersebut bisa mengolahnya menjadi sebuah semangat untuk menjaga keutuhan dan stabilitas budaya yang dimiliki.

Baca Juga: Apa itu Stunting pada Anak? Kenali Gejala, Penyebab dan Pencegahan Stunting pada Anak Sebelum Terlambat

Sikap fanatisme kesukuan ini juga dapat menumbuhkan semangat patriotisme dan rasa cinta tanah air yang akan memberikan dampak baik bagi keberlangsungan bangsa itu sendiri.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x