Apa Itu Hari Raya Tilem yang Dilaksanakan pada 30 Mei 2022: Tujuan, Arti, dan Makna dari Perayaan

- 30 Mei 2022, 09:50 WIB
Ilustrasi - Apa itu Hari Raya Tilem yang dilaksanakan pada 30 Mei 2022: tujuan, arti, dan makna dari perayaan.
Ilustrasi - Apa itu Hari Raya Tilem yang dilaksanakan pada 30 Mei 2022: tujuan, arti, dan makna dari perayaan. /PEXELS/@Titah Anamika

BERITA DIY- Simak apa itu Hari Raya Tilem yang dilaksanakan pada 30 Mei 2022, tujuan, arti, dan makna dari perayaan. Tilem merupakan salah satu hari suci yang ada dan dirayakan dalam agama Hindu.

Umat Hindu di Bali memiliki hari raya yang sudah ditentukan dengan kalender Bali yaitu pawuko setiap enam bulan sekali dan berdasarkan kalender Isaka datangnya setahun sekali.

Hari Raya atau Hari Suci umat hindu yang datang setiap bulan sekali adalah hari Purnama dan Tilem.

Baca Juga: 16 Mei Hari Apa? Hari Raya Waisak 2022, Daftar Hari Libur Nasional dan Peristiwa Bersejarah di Hari ini

Dikutip dari laman Kabupaten Buleleng, umat Hindu memiliki dua hari raya yang didasarkan pada sasih atau bulan yaitu purnama dan Tilem, kedua hari suci tersebut berkaitan erat dan tidak terpisahkan.

Pada Hari Raya Purnama umat Hindu memuja Sang Hyang Candra sedangkan pada Hari Raya Tilem umat Hindu memuja Sang Hyang Surya.

Hari Raya Tilem dirayakan saat bulan mati atau Krsna Paksa ketika langit gelap tanpa sinar bulan. Malam itu umat hindu memuja Sang Hyang Surya yang diyakini sedang semedi.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Hari Raya Waisak 2022 Penuh Doa dan Harapan Menyentuh Hati Cocok untuk Status WA, FB dan IG

Berdasarkan keyakinan umat Hindu waktu tersebut adalah saat yang tepat untuk melakukan penyucian diri dan meleburkan segala kotoran yang terdapat dalam diri.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x