Apa Itu Syirkah Amal? Simak Pengertian, Jenis, Rukun, dan Syarat Menurut Ajaran Islam

- 20 Mei 2022, 11:25 WIB
Ilustrasi. Pengertian syirkah amal lengkap dengan jenis-jenis syirkah, rukun, hingga syaratnya menurut ajaran agama islam.
Ilustrasi. Pengertian syirkah amal lengkap dengan jenis-jenis syirkah, rukun, hingga syaratnya menurut ajaran agama islam. /Pixabay/geralt
BERITA DIY - Simak pengertian apa itu syirkah amal lengkap dengan jenis, rukun, hingga syarat-syarat yang harus dipenuhi menurut ajaran Islam.

Secara istilah syirkah adalah suatu akad yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih yang bersepakat atau bertransaksi dalam usaha dengan tujuan memperoleh keuntungan.

Diketahui syirkah amal merupakan salah satu dari jenis akad bertransaksi ini yang memberikan kontribusi kerja tanpa mengeluarkan modal.
 

Sebagai informasi, secara umum syirkah dibagi menjadi empat jenis, yaitu syirkah 'inan, syirkah amal, syirkah wujuh, dan syirkah mufawadah.

Berikut merupakan penjelasan beserta keuntungan dari masing-masing jenis syirkah:

1. Syirkah 'inan adalah persekutuan dua orang atau lebih untuk memasukkan bagian tertentu dari modal yang diperdagangkan.

2. Syirkah 'abdan atau syirkah amal merupakan jenis usaha yang dilakukan dua pihak atau lebih yang hanya memberikan kontribusi kerja tanpa kontribusi modal (mal).

3. Syirkah wujuh Mustahdi dan Mustakim pada hakikatnya sama seperti syirkah amal, yang membedakan yaitu selain kontribusi kerja juga memberikan modal.
Baca Juga: Mengenal Apa Itu Virus Hendra? Ketahui Gejala dan Cara Mencegahnya: Sudah Tersebar di Negara Mana Saja?

4. Syirkah mufawadah merupakan jenis yang menggabungkan ketiga syirkah lainnya, yaitu syirkah 'inan, syirkah amal, dan syirkah wujuh.

Berikut rukun dan syarat yang harus dipenuhi apabila ingin melakukan syirkah:

- Berakal

- Baligh

- Tidak ada unsur paksaan

- Dua orang yang bertransaksi  

- Harus ada objek atau pekerjaan (usaha yang dijalankan) yang halal

- Sighat atau akad
 
 
Baca Juga: Apa Itu Tenor? Simak Pengertian, Jenis, hingga Tips Mengajukan Pinjaman dengan Jangka Waktu yang Tepat

- Keuntungan dan kerugian telah disepakati dengan perbandingan modal harta serikat yang diberikan

Itulah pengertian apa itu syirkah amal lengkap dengan jenis-jenis syirkah, rukun, hingga syaratnya menurut ajaran agama islam.*** 

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x