Apa Itu Tenor? Simak Pengertian, Jenis, hingga Tips Mengajukan Pinjaman dengan Jangka Waktu yang Tepat

- 18 Mei 2022, 15:51 WIB
Ilustrasi -Ilustrasi - apa itu tenor? simak pengertian, jenis, hingga tips mengajukan pinjaman dengan tenor yang tepat.
Ilustrasi -Ilustrasi - apa itu tenor? simak pengertian, jenis, hingga tips mengajukan pinjaman dengan tenor yang tepat. /PIXABAY/nattanan23

BERITA DIY – Berikut merupakan informasi mengenai apa itu tenor, meliputi pengertian, jenis, hingga tips mengajukan pinjaman dengan tenor yang tepat.

Tenor merupakan salah satu hal yang krusial ketika Anda mengajukan pinjaman maupun investasi. Jika terkait pinjaman, tenor digunakan untuk mengetahui kapasitas calon debitur dalam seberapa lama membayar angsurannya.

Penentuan lama tenor bergantung pada kemampuan debitur membayar angsuran dan atas kesepakatan antara kreditur dan debitur.

Baca Juga: Apa Itu Virus Hendra Lengkap: Tanda dan Gejala Infeksi, Cara Pencegahan dan Pengobatan Resmi dari Kemenkes

Seperti contohnya, Anda meminjam uang di BTPN sebesar Rp20 juta dengan tenor selama 24 bulan. Artinya pinjaman tersebut harus dikembalikan dalam jangka waktu 24 bulan.

Jika Anda mengambil tenor yang semakin lama maka bunga yang didapatkan akan semakin tinggi. Pada umumnya, pinjaman online akan mengenakan bunga sebesar 0 persen, sedangkan untuk bank dikenai bunga berkisar 1-3 persen dengan suku bunga yang tidak berubah.

Pada hal deposito, tenor adalah jangka waktu pada pinjaman deposito yang biasanya ditentukan dan ditawarkan oleh bank mulai 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, bahkan ada pula yang menawarkan tenor hingga 36 bulan.

Baca Juga: Apa Itu Catur Asrama dalam Agama Hindu dan Hubungannya dengan Catur Purusa Artha serta Catur Warna

Simak jenis-jenis tenor untuk berikut ini:

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x