Terjadinya Perubahan Iklim dan Dampak Negatif Terhadap Kualitas Hidup

- 7 Mei 2022, 19:28 WIB
Proses terjadinya perubahan iklim dan dampak negatif terhadap kualitas hidup
Proses terjadinya perubahan iklim dan dampak negatif terhadap kualitas hidup /PIXABAY/geralt

BERITA DIY - Berikut merupakan proses terjadinya perubahan iklim yang diakibatkan adanya peningkatan gas rumah kaca. Simak selengkapnya dampak negatif dari perubahan iklim terhadap kualitas hidup.

Perubahan iklim adalah salah satu isu yang tengah disorot oleh masyarakat dunia. Selain itu, perubahan iklim juga menjadi isu politik yang tengah populer dibicarakan baik oleh politisi, aktivis lingkungan, maupun masyarakat umum.

Proses terjadinya perubahan iklim bukan hanya terjadi akibat peristiwa alamiah dan terjadi begitu saja. Ada peran manusia yang menjadikan perubahan iklim menjadi lebih ekstrim dan berpotensi mendatangkan bencana alam yang besar.

Baca Juga: Apa Itu Perubahan Iklim dan Solusi Pemanasan Global di Peringatan Hari Bumi Google Doodle 2022

Dilansir dari ditjen.ppi.menlhk.go.id, proses penyebab terjadinya perubahan iklim sebagian besar dipengaruhi oleh aktifitas manusia. Namun kegiatan alamiah seperti gas metana yang dihasilkan binatang juga memiliki pengaruh terhadap perubahan iklim.

Perubahan iklim yang menyebabkan terjadinya peningkatan suhu bumi disebut juga dengan istilah pemanasan global. Hal tersebut dikarenakan gas yang dihasilkan tidak dapat keluar dari atmosfer sehingga menyebabkan suhu bumi meningkat.

Sebenarnya, gas rumah kaca memiliki fungsi penting untuk menjaga suhu bumi. Namun seiring berjalannya waktu, terjadi peningkatan konsentrasi gas rumah kaca yang menyebabkan atmosfer bumi menjadi semakin tebal.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Perubahan Iklim atau Climate Change yang Jadi Foto Google Doodle Hari Bumi 22 April 2022

Peningkatan konsentrasi gas rumah kaca disebabkan oleh beragam aktifitas industri, transportasi yang menggunakan bahan bakar fosil, dan perubahan fungsi lahan dari hutan menjadi tanah pertanian atau peternakan.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x