Google Doodle Hari Ini Spesial Hari Bumi 2022: Apa Itu Perubahan Iklim, Dampak, Penyebab, Cara Mencegah

- 22 April 2022, 08:17 WIB
Penjelasan google Doodle hari ini spesial Hari Bumi 2022 tentang perubahan iklim, penyebab, dampak, dan hal apa yang harus dilakukan.
Penjelasan google Doodle hari ini spesial Hari Bumi 2022 tentang perubahan iklim, penyebab, dampak, dan hal apa yang harus dilakukan. /Google

BERITA DIY - Simak penjelasan tentang Google Doodle hari ini spesial Hari Bumi 22 April 2022 mengenai perubahan iklim, dampak, penyebab, hingga cara mencegah.

Google Doodle spesial Hari Bumi 2022 menunjukkan dampak dari perubahan iklim di mana berkurangnya volume es di sebuah puncak gunung.

Lantas apa itu sebenarnya perubahan iklim, dampak, hingga penyebab bagi manusia, hewan, maupun makhluk hidup lainnya? Apa yang bisa dilakukan untuk menguranginya?

Baca Juga: Cara Main Kuis Hari Bumi dan Sejarah Hari Bumi Sedunia atau International Earth Day 22 April 2022

Mengacu pada PBB, perubahan iklim merupakan perubahan jangka panjang terhadap suhu dan pola cuaca di bumi.

Adapun penyebab perubahan iklim bisa karena faktor alamiah. Namun sejak tahun 1800-an, aktivitas manisia dinilai berpengaruh terhadap anomali cuaca dan iklim, terutama pembakaran bahan bakar fosil seperti batu bara, minyak, dan gas.

Sebab pembakaran bahan bakar fosil tersebut menyebabkan emisi gas rumah kaca yang membungkus Bumi, sehingga mejebak panas matahari dan menaikan suhu.

Baca Juga: Google Doodle Spesial Hari Bumi 2022, Tampilkan Dampak Perubahan Iklim di Bumi dari Waktu ke Waktu

Contoh emisi gas rumah kaca yang bertanggung jawab terhadap perubahan iklim adalah karbon dioksida dan metana yang berasal dari penggunaan bensin atau batu bara.

Pembukaan lahan dan hutan juga dapat menyebabkan munculnya karbon dioksida. Terlebih, pembuangan sampah merupakan sumber utama emisi metana, zat yang berpengaruh terhadap perubahan iklim.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x