Bacaan Niat Qodho Puasa Ramadhan di Bulan Syawal 1443 H dalam Arab, Latin dan Artinya

- 4 Mei 2022, 18:05 WIB
Bacaan niat mengganti atau qodho puasa Ramadhan dalam Arab, latin, dan artinya.
Bacaan niat mengganti atau qodho puasa Ramadhan dalam Arab, latin, dan artinya. /PIXABAY/@freebiespic

BERITA DIY – Berikut merupakan bacaan niat mengganti atau qodho puasa Ramadhan yang bisa ditunaikan pada bulan Syawal 1443 hijriah dalam Arab, latin, dan artinya.

Mungkin ada sebagian umat muslim yang pada bulan Ramadhan yang tak mampu menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Meskipun diperbolehkan tidak berpuasa Ramadhan, namun wajib hukumnya mengganti puasa di hari lain setelah Ramadhan. Bulan Syawal menjadi salah satu waktu yang bisa digunakan untuk membayar hutang puasa.

Baca Juga: Apakah Puasa Syawal Harus 6 Hari Berturut-turut? Ini Niat dan Keutamaan Berpuasa Setelah Hari Idul Fitri 2022

Ketentuan membayar hutang puasa Ramadhan dapat dilihat jelas dalam firman Allah pada Q.S. Al-Baqarah ayat 184 yang berbunyi:

أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ ۚ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ ۚ وَأَنْ

تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ ۖ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: “(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin.

Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x