Bacaan Niat Puasa Syawal 6 Hari Serta Tata Cara, Keutamaan, dan Waktu Terbaik Mengerjakannya

- 2 Mei 2022, 17:00 WIB
Bacaan niat puasa Syawal 6 hari lengkap dengan tata cara, keutamaan, dan waktu terbaik. Pahala yang didapatkan setara dengan setahun puasa.
Bacaan niat puasa Syawal 6 hari lengkap dengan tata cara, keutamaan, dan waktu terbaik. Pahala yang didapatkan setara dengan setahun puasa. / PIXABAY/freebiespik

DIJADWALKAN_Senin, 2 Mei 2022_17.00

BERITA DIY – Berikut bacaan niat puasa Syawal 6 hari lengkap dengan tata cara, keutamaan, dan waktu terbaik mengerjakan puasa Syawal.

Puasa Syawal adalah puasa sunnah yang dikerjakan pada bulan Syawal. Puasa syawal bisa dikerjakan pada sepanjang bulan Syawal kecuali pada hari raya Idul Fitri.

Bahkan umat muslim disunnahkan untuk melanjutkan puasa Syawal setelah satu bulan penuh menjalankan puasa wajib Ramadhan.

Baca Juga: Bacaan Doa Membayar dan Menerima Zakat Fitrah dan Dalil yang Mendukung: Arab, Latin, dan Terjemahnya

Meskipun memiliki hukum sunnah, puasa Syawal memiliki keutamaan yang luar biasa jika dijalani. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW.:

"Barangsiapa yang telah melaksanakan puasa Ramadhan, kemudian dia mengikutinya dengan berpuasa selama 6 (enam) hari pada bulan Syawal, maka dia (mendapatkan pahala) sebagaimana orang yang berpuasa selama satu tahun," (HR. Muslim).

Merujuk pada hadis tersebut, bahwa keutamaan puasa Syawal selama 6 hari adalah mendapatkan pahala puasa selama setahun penuh setelah menjalankan puasa wajib Ramadhan.

Baca Juga: Waktu Terbaik Membayar Zakat Fitrah dan Bacaan Niat Zakat Fitrah Bahasa Arab, Latin, serta Artinya

Dikutip BERITA DIY dari laman Dompet Dhuafa, selain mendapatkan pahala setara dengan menjalan puasa selama setahun, tetapi juga lanjutan dari mengistiqomahkan ibadah setelah sebulan penuh menjalan ibadah puasa wajib Ramadhan.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x