Kapan TV Analog Dihapus? Ini Daftar 9 Daerah yang Tidak Bisa Mengakses dan Cara Dapat STB TV Digital Gratis

- 30 April 2022, 17:19 WIB
Kapan TV analog dihapus, siaran TV analog apa saja, perbedaan TV analog dan digital dan cara pindah TV analog ke digital.
Kapan TV analog dihapus, siaran TV analog apa saja, perbedaan TV analog dan digital dan cara pindah TV analog ke digital. /PEXELS/KoolShooters

BERITA DIY - Saat ini banyak yang tanya kapan TV analog dihapus, siaran TV analog apa saja, perbedaan TV analog dan digital dan cara pindah TV analog ke digital.

Ketahui kapan TV analog dihapus beserta daftar 9 daerah yang tidak bisa mengakses TV analog dan cara dapat STB atau set top box TV digital gratis.

Kemenkominfo telah memastikan penghentian tetap layanan siaran televisi analog tahap pertama dimulai pada hari ini, Sabtu 30 April 2022 pukul 24.00 WIB.

Baca Juga: TV Analog Adalah Apa? Siaran Televisi yang akan Dihentikan Mulai 30 April 2022, Ini Cara Pindah ke TV Digital

Rencananya penghentian tetap siaran TV analog tahap pertama bakal dimulai di 3 wilayah siaran yang berada di 3 provinsi dan 8 kabupaten atau kota.

Wilayah pertama berada di Riau, tepatnya di Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, dan Kabupaten Meranti. Wilayah kedua di Nusa Tenggara Timur, yakni di Kabupaten Timor Tengah Utara, Kabupaten Belu, dan Kabupaten Malaka. Sedangkan wilayah ketiga di Papua Barat, yakni di Kota Sorong dan Kabupaten Sorong.

Kemenkominfo mengimbau kepada masyarakat yang televisinya belum bisa menerima siaran digital untuk segera memasang perangkat set top box. Khusus untuk keluarga miskin, perangkat set top box akan disediakan oleh penyelenggara MUX yaitu LPP TVRI dan lembaga penyiaran swasta (LPS).

Baca Juga: TV Analog Distop, Begini Cara Cek Kelurahan yang Dapat STB TV Digital Gratis Terbaru Maret 2022

Dengan bermigrasi ke siaran televisi digital, akan lebih banyak pilihan kanal televisi serta konten-konten menarik yang bisa dinikmati masyarakat.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x