TV Analog Adalah Apa? Siaran Televisi yang akan Dihentikan Mulai 30 April 2022, Ini Cara Pindah ke TV Digital

- 30 April 2022, 10:18 WIB
ilustrasi - TV analog adalah apa? siaran televisi yang akan dihentikan mulai hari ini 30 April 2022, berikut cara pindah ke TV digital.
ilustrasi - TV analog adalah apa? siaran televisi yang akan dihentikan mulai hari ini 30 April 2022, berikut cara pindah ke TV digital. /Pexels/Andre Moura

BERITA DIY - Simak TV analog adalah apa? Siaran televisi yang akan dihentikan mulai hari ini 30 April 2022, berikut cara pindah ke TV digital.

TV analog adalah saluran televisi yang dipancarkan dengan menggunakan variasi voltase dn frekuensi dari sinyal, dengan sistem yang digunakan siaran televisi analog adalah NTSC, PAL, dan SECAM.

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) secara bertahap akan melakukan penghentian siaran televisi analog.

Baca Juga: Cara Ganti TV Analog ke TV Digital: Daftar Daerah yang Tak Bisa Gunakan Siaran Analog Mulai 1 Mei 2022

"Sesuai jadwal yang ditetapkan Kominfo, penghentian tetap layanan siaran analog akan dimulai pada tanggal 30 April tahun 2022 jam 24.00 atau besok malam" ujar Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, dikutip dari ANTARA pada Sabtu, 30 April 2022.

Pemerintah melalui Kominfo telah menetapakan jadwal penghentian siaran televisi analog, yakni 30 April, 25 Agustus, dan 2 November tahun 2022.

Tahap pertama penghentian siaran televisi analog hari ini 30 April 2022 meliputi 56 wilayah layanan siaran, di 166 Kabupaten/Kota wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, Papuan dan Papua Barat.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Siaran TV Digital dengan Antena Parabola dan Mulai Tinggalkan Siaran Analog

Kominfo mengimbau kepada masyarakat untuk beralih ke siaran televisi digital, dengan segera memasang perangkat set top box untuk menerima siaran TV digital.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x