Apa Itu Sholat Tasbih? Pengertian, Rukun dan Tata Cara Sholat, Bacaan, Jumlah Rakaat dan Waktu Pelaksanaan

- 25 April 2022, 19:55 WIB
Ilustarsi - Apa itu sholat tasbih, pengertian sholat tasbih lengkap dengan bacaan sholat, jumlah rakaat, dan waktu pelaksanaan sholat.
Ilustarsi - Apa itu sholat tasbih, pengertian sholat tasbih lengkap dengan bacaan sholat, jumlah rakaat, dan waktu pelaksanaan sholat. /Pexels / Alena Darmel.

BERITA DIY - Simak apa itu ibadah sholat tasbih, mulai dari pengeritan, rukun dan cara sholat tasbih, bacaan niat sholat tasbih, hingga waktu pelaksanaan sholat tasbih.

Sholat tasbih merupakan bagian dari ibadah yang dianjurkan untuk banyak dilakukan di bulan suci Ramadhan sebab memiliki banyak keutamaan. Salah satunya berkaitan dengan malam Lailatul Qadar.

Terlebih waktu sekarang ini sedang memasuki 10 hari terakhir bulan suci Ramadhan, yang mana diriwayatkan waktu terjadinya Lailatul Qadar.

Baca Juga: Tata Cara dan Bacaan Niat Sholat Lailatul Qadar Beserta Surat dan Doa, Ini Ciri-ciri Malam Lailatul Qadar

Baca Juga: Tata Cara Sholat di Dalam Mobil atau Naik Kendaraan Saat Mudik Lebaran 2022 Lengkap Bacaan Doa

Mengamalkan sholat tasbih dengan niat berdzikir dan memohon ridho Allah SWT, bukan tak mungkin seorang muslim dapat merasakan damainya Lailatul Qadar.

Sholat tasbih sendiri ialah sholat sunnah yang pelaksanaannya dapat dilakukan pada waktu siang atau malam hari.

Jumlah rakaat sholat tasbih sendiri bisa dikerjakan dalam 4 rakaat sekali salam atau bisa juga dilakukan dengan 4 rakaat dua kali salam.

Melansir dari laman Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, bila sholat tasbih dikerjakan pada malam hari, lebih baik dengan dua kali salam. Sholatnya dua rakaat lalu salam dilanjut dua rakaat lain dan salam.

Baca Juga: Doa Sholat Hajat dan Dzikir Dilengkapi Tulisan Arab, Latin, serta Artinya

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x